Destinasi Wisata Bengkulu Tengah

kampung durian
kampung durian

 

BENTENG – Bengkulu Tengah, Kabupaten yang berbatasan langsung dengan kota Bengkulu, Kepahiang dan Bengkulu Utara ternyata memiliki destinasi wisata yang tak kalah indahnya dengan daerah lain.

 Beragam pesona objek destinasi yang wajib diketahui seperti air terjun,danau, pantai dan keindahan alam lainnya.

Berikut beberapa tempat wisata yang dapat anda kunjungi di Bengkulu Tengah.

kampung durian

  1. Kampoeng Durian

Kampung Durian, objek wisata agro yang berada di Desa Datar Lebar, Kecamatan Taba Penanjung, Kabupaten Bengkulu Tengah.

Meskipun baru dan masih terus dalam upaya tahap pengembangan, Kampoeng Durian sekarang berangsur menjadi tujuan favorit masyarakat sekitar untuk menikmati liburan bersama keluarga, terkhusus saat akhir pekan.

Hanya di Kampoeng Durian pengunjung juga dapat menikmati suasana menunggu buah durian jatuh dan dapat langsung menikmati buah tersebut langsung dari pohonnya. Walaupun momen tersebut hanya saat musim durian dan saat buah siap dipanen.

Untuk menuju lokasi Kampoeng Durian, pengunjung yang dari Kota Bengkulu harus menempuh perjalanan sekitar 30 kilometer menuju Desa Bajak I, Kecamatan Taba Penanjung, Bengkulu Tengah. Setelah sampai ke Desa Bajak I, pengunjung kemudian menuju Desa Datar Lebar dengan menempuh perjalanan selama kurang lebih 20-25 menit dengan kendaraan bermotor.

Akses jalan menuju Desa Datar Lebar sebagian telah beraspal dan ada jalan yang masih tanah berlapis kerikil, namun cukup rata dan keras. Setelah sampai di akses utama Kampoeng Durian, pengunjung yang ingin menikmati wisata air harus melewati medan menurun yang cukup tinggi karena lokasinya di lembah.

Selain menyajikan perkebunan durian yang rindang , Kampoeng Durian juga dilengkapi pemandian di pinggir sungai dengan pemandangan pegunungan yang indah.

Pemandian tersebut dibangun tiga tingkat agar pengunjung dapat bermain air di lokasi dengan leluasa sambil menikmati pemandangan di pinggir persawahan serta barisan bukit hijau berjejer mengelilingi tempat tersebut.

Pantai Padang Betuah
Pantai Padang Betuah

  1. Pantai Padang Betuah

Lokasinya terletak di jalur Sumatera, wilayah Bengkulu Tengah memiliki bentang alam yang spektakuler, tak begitu jauh, tepatnya di desa Padang Betuah, Kecamatan Pondok Kelapa.

Pantai indah bukan cuma pesona mirip taman di pinggir laut  saja, pantai ini bahkan dijuluki Tanah Lot-nya Bengkulu Tengah.

Dan benar saja, julukan itu bisa dibuktikan saat pengunjung berdiri di pinggir tebing yang jadi benteng akan terjangan ombak. Sama dengan Pantai Sungai Suci, pesona yang disajikan akan membuat kita terlena.

Air Terjun Pintu Langit
Air Terjun Pintu Langit

  1. Air Terjun Pintu Langit

Air Terjun Pintu Langit bisa dijumpai di Desa Rena Indah, Kecamatan Pagar Jati. Objek wisata ini persis di lahan perkebunan yang dikelola Riau Agri Agung (RAA). Meski begitu, tak perlu mendapatkan izin untuk mengunjungi air terjun ini.

Air Terjun Pintu Langit adalah referensi wisata terbaik. Disebut juga dengan Cughup (Curup) Kluntung.

 Sensasi saat sampai di sana, cobalah mengadah ke langit biru. Semburan air yang memercik akan segera membasahi wajah. Inilah mengapa dinamakan air terjun Pintu Langit.

Ketinggian hanya sekitar 15 meter, bersumber dari bukit airnya pun tidak begitu kencang sehingga pengunjung cukup aman.

 

Danau Gedang

  1. Danau Gedang

Danau Gedang (besar, red bahasa Bengkulu), sebuah cekungan tanah menjadi danau alami di Kabupaten Bengkulu Tengah. Begitu anda memijakkan kaki di danau yang berair jernih ini, pandangan mata akan langsung terpesona. Samudera luas menjadi pemandangan dengan keindahan tersendiri, apalagi saat sore atau pagi hari a  sunset dan sunrise menjadi pelengkap keindahan Danau Gedang.

Apalagi ketika berjalan di atas tanah yang memisahkan air laut dan air tawar, sensasinya terasa sangat berbeda. Beberapa tebing terjal di pinggir pantai seakan menjadi bonus keindahan Danau Ini.

Semenjak Pemerintah Desa dan di dukung Pemerintah daerah Kabupaten Bengkulu Tengah keindahan Danau Gedang tidak tersembunyi lagi. Danau yang berlokasi di perbatasan kabupaten Bengkulu Tengah dan Bengkulu utara sekarang ramai akan pengunjung.

Gunung Bungkuk

  1. Gunung Bungkuk

Jika anda seorang pendaki gunung dan gemar berpetualang menghadapi medan yang berat. Gunung Bungkuk di Merigi Sakti, cocok untuk anda taklukkan.

Gunung ini adalah area hutan tropis yang didiami oleh suku Anak Dalam. Sedangkan di bagian puncaknya, sama sekali tidak berpenghuni.

Untuk menaklukkan puncak tersebut tentu dibutuhkan usaha dan tenaga yang ekstra. Dari melintasi hutan lebat hingga menuruni lereng curam, ini akan memakan waktu cukup panjang untuk mencapai puncak.

Selain fisik pendaki juga harus menyiapkan perlengkapan logistik dan kebutuhan lainnya. Saat sampai di puncak, perjuangan anda akan terbayar lunas oleh panorama yang tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata.

Air Terjun Sengak
Air Terjun Sengak

  1. Air Terjun Sengak

Butuh tempat berlibur bersama keluarga yang tenang dan alami? Air Terjun Sengak adalah pilihan wisata alam selanjutnya.

Tempat wisata ini sudah dibuka sejak lama. Namun karena terkendala akses jalan, keindahannya sempat terpendam.

Nah  semenjak warga Desa Taba Heran, Kecamatan Taba Penanjung bergotong-royong memperbaiki akses jalan ke lokasi, sekarang puluhan bahkan ratusan pengunjung setiap minggunya.

Nah hebatnya lagi, pengelola Air Terjun Sengak menawarkan jasa antar-jemput bagi pengunjung yang tidak membawa kendaraan pribadi. Sementara itu, biaya tiket masuknya cukup bersahabat.

Air Terjun Datar Lebar
Air Terjun Datar Lebar

  1. Air Terjun Datar Lebar

Air Terjun Datar Lebar terletak di Desa Rena Lebar, Kecamatan Karang Tinggi, Bengkulu Tengah.  Air Terjun ini memiliki ketinggian 20 meter dan air mengalir melalui dua buah batu cukup besar.

Meskipun rute yang cukup sulit, namun bisa di pastikan saat sampai tujuan lelah anda akan terbayar lunas dengan berbagai keindahan yang ada.

Air Terjun Embun
Air Terjun Embun

  1. Air Terjun Embun

Udara bersuhu dingin diiringi suara percikan air terjun tentu membuat pikiran kita menjadi rileks. Wisata air terjun ini terletak di kawasan Kecamatan Talang Empat, Bengkulu Tengah. Lokasinya persis di Desa Lagan Bugin. Tempat wisata ini baru populer setelah sering diekspos oleh traveler lokal.

Danau Biru
Danau Biru

  1. Danau Biru

Berlokasi di Desa Surau, Taba Penanjung, Bengkulu Tengah Danau atau Telaga Biru menyajikan keunikan tersendiri.

Bukan hanya satu, namun ada 4 danau dengan air berwarna biru di tempat ini. Keindahan dan keasriannya dari saat ditemukan hingga sekarang masih tetap dijaga oleh masyarakat sekitar.

Tak hanya menjadi tujuan wisata, tidak sedikit yang memilih area danau ini dijadikan tujuan camping atau berkemah di sekitaran danau.

Danau Telaga Putri
Danau Telaga Putri

  1. Danau Telaga Putri

Danau Telaga Putri, danau yang terdapat di Desa Rindu Hati yang memiliki pemandangan yang begitu memikat pengunjung. Selain udara yang sejuk dan suasana yang masih sangat alami, paket yang ditawarkan ialah paket tracking menuju Danau.

Dengan dipandu oleh guide yang sudah terlatih. Jarak dari pos wisata pertama ke air terjun kurang lebih 5 Kilometer dan waktu tempuh dengan berjalan kaki kurang lebih selama 3 jam.

Disini ditawarkan juga bagi pengunjung yang ingin camping di lokasi Camping Ground di tepi Danau Telaga Putri.

Pantai Harapan
Pantai Harapan

  1. Pantai Harapan

Pantai Harapan terletak di Desa Harapan, Bengkulu tengah pinggir jalan lintas sumatera. Meski  belum dikelola secara dimaksimalkan Pantai satu ini cukup memiliki potensi untuk mendukung jaringan destinasi wisata.

Karena belum banyak yang mengetahui, pengunjungnya masih sebatas masyarakat sekitar.  Disini bisa bermain pasir, mengambil foto, berenang atau menyaksikan ombak yang berkejarkejaran ke sisi pantai serta menikmati indahnya  sunset dan sunrise.

Namun ombak di Pantai Harapan sedikit  sulit ditebak, jadi pengunjung harus selalu waspada. Apalagi ketika laut sedang pasang.

Air Terjun Tabalagan
Air Terjun Tabalagan

  1. Air Terjun Taba Lagan

Air Terjun Tabalagan Terletak di desa Taba lagan yang tak jauh dari pusat perkotaaan, dengan ketinggian hanya  1,5 meter dan debit air yang cenderung  tak terlalu deras cocok untuk rekreasi bersama keluarga.

Terdapat juga spot dengan kedalaman kurang lebih 2 meter. Spot tersebut adalah favoritnya anak-anak muda. Pasalnya, mereka bisa melompat (jumping) dan terjun.

 Dari kriteria dan lokasi, wisata satu ini cocok dijadikan tujuan berakhir pekan bersama keluarga.

Bendungan Sukarami
Bendungan Sukarami

  1. Bendungan Sukarami

Bendungan Sukarami yang juga dikenal Bendungan Padang Segaro mulanya sebuah waduk irigasi air. Bendungan ini terletak di daerah persawahan nan hijau.

Setelah dilakukan penataan ulang oleh Dinas Pengerjaan Umum, bendungan tersebut langsung dimanfaatkan warga untuk rekreasi.

Anda juga dapat mencoba berenang disini, di sekitar lokasi bendungan tersedia lapak penyewaan ban sebagai pelampung.

Pantai Pekik Nyaring
Pantai Pekik Nyaring

  1. Pantai Pekik Nyaring

Pantai Pekik Nyaring di Pondok Kelapa daerah yang dikenal merupakan daerah perlindungan penyu ini.

Di sini, ada pusat penangkaran 4 jenis penyu yaitu lengkang, penyu hijau dan penyu sisik yang tradisinya dapat dilihat serta dipelajari langsung oleh para wisatawan.

Di Pantai Pekik Nyaring, kapal para nelayan yang berlabuh setelah pulang mencari ikan dari laut juga dapat disaksikan.

pantai sungai suci
pantai sungai suci

  1. Pantai Sungai Suci

Wisata tidak harus ke tempat populer misalnya Pulau Bali ataupun lombok. Di Bengkulu Tengah juga ada wisata alam yang mempesona dan cukup lengkap.

Sungai Suci namanya. Jangan salah sangka ya, walaupun namanya Sungai Suci namun ini adalah sebuah pantai.

Sebuah pantai yang menyimpan  surga kecil di Bengkulu Tengah. Pantai ini menawarkan sejuta pesona yang menyimpan sejuta keindahan alam.  Jurang tepi pantai yang terjal menjadi keindahan tersendiri dipandang mata.

Selain itu, Pantai ini dikenal dengan pantai bersejarah. Dahulu ketika zaman penjajahan Belanda, Pantai Sungai Suci akrab dengan Bung Karno ketika diasingkan di Bengkulu. Saat Bung Karno tinggal dalam pengasingan, beliau sering mampir ke Sungai Suci guna untuk menyegarkan diri dengan mandi. Dengan cerita seperti  itu tadi layak jika disebut surga kecil.

Pantai ini terletak tidak jauh dari poros kota Bengkulu, sekitar 12 km dari Kota. Lebih pastinya di Desa Pasar Pedati, Kecamatan Pondok Kelapa, Bengkulu Tengah.

Tidak hanya pesona keindahan pantai, di dalam area pantai sungai suci juga terdapat hotel jika anda dari luar kota rasanya cocok dijadikan rujukan wisata.

Disisi lain juga terdapat wisata keluarga, Wahana surya. Lengkap dengan waterbom dan fasilitas lainnya.

Glamping Rindu Hati
Glamping Rindu Hati

  1. Glamping Rindu Hati

Kata glamping merupakan gabungan dari dua kata, yakni “glamour” dan “camping”. Hal ini berarti glamping merujuk pada suatu bentuk perkemahan modern dengan menggabungkan esensi alam dan dengan adanya fasilitas yang cukup memadai.

 

Glamping Rindu Hati
Glamping Rindu Hati

Sementara Glamping Rindu Hati sendiri menawarkan kenyamanan pengunjung untuk bersantai, fasilitas yang ada diantaranya kasur, bantal, selimut dan air mineral, dan juga sarapan pagi yang mengutamakan nilai-nilai pedesaan.

Glamping Rindu Hati cocok untuk berbagai kalangan, mulai dari anak muda, keluarga, bahkan pasangan yang ingin bulan madu.

 

Taman Hutan Raya Rajolelo
Taman Hutan Raya Rajolelo

  1. Taman Hutan Raya Rajolelo

Taman Hutan Raya Rajolelo atau sering di kenal Tahura, terletak di Desa Tanjung Terdana Kecamatan Pondok Kubang merupakan satu dari sekian banyak tempat wisata di Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) yang cukup asri untuk dikunjungi.

Terlebih, Tahura mampu menyajikan panorama alam yang masih sangat alami dan jauh dari keramaian dan kebisingan kota.

 

Taman Hutan Raya Rajolelo
Taman Hutan Raya Rajolelo

Lokasi yang tidak begitu jauh dengan Kota Bengkulu sangatlah cocok untuk berwisata akhir pekan atau bahkan tujuan liburan. Selain  udara yang masih segar dan alami, disisi kolam  pengunjung dapat  menggunakan jogging track untuk berolahraga di pagi hari.

Selain setiap hari buka, tak jauh dari Taman Hutan Raya Rajolelo ini juga berdiri sebuah hotel. Sehingga pas jika anda wisatawan dari luar kota, sedangkan lokasi tempat wisata lainnya tidak begitu jauh, hitungan menit anda sudah dapat berpindah dari lokasi wisata satu ke lainnya.

Jika anda bosan dengan kebisingan dan hiruk-pikuk perkotaan atau mencari refrensi tempat liburan, tempat wisata ini adalah tujuan  yang pas.(**)

Terbaru

Seluma Berbudaya dan Beragama, TP-PKK Kabupaten Seluma Gelar Yasinan Bulanan

SELUMA - Tim Penggerak (TP) Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Seluma, menggelar kegiatan yasinan sebagai rutinitas Bulanan. Tujuan kegiatan yasinan yang digelar satu kali setiap bulan ini, adalah untuk mempererat silahturrahmi, selain itu sebagai bentuk...

Bingung Pilih Mobil, Simak Penjelasan Marketing Senior Agung Toyota Bengkulu

SELUMA - Toyota merupakan produsen industri otomotif terbesar yang ada di dunia saat ini. Hal ini karena Toyota Memiliki banyak keunggulan, sehingga produsen ternama ini selalu menonjol di pasaran, terutama untuk dunia otomotif. Hal...

Lowongan Pekerjaan Agung Toyota Seluma

Peluang Berkarir Bagi anda Yang Berjiwa Muda dan Menyukai Tantangan !! Perusahaan Otomotif Agung Toyota Bengkulu, Seluma Membuka Lowongan Pekerjaan "Sales Executive PRIA & WANITA" Dengan Syarat Sebagai Berikut : -Pria/Wanita minimal 21 Tahun & max Usia 28...

Related Articles

Di Tetapkan Tersangka, Ketua HIPMI DPO

SELUMA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI menetapkan Ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) yang juga bendahara PBNU, Mardani H Maming masuk dalam daftar pencairan orang (DPO). Penetapan ini setelah sebelumnya KPK menetapkan Ketua...

Spesifikasi dan Harga Oppo Reno 8 12/256 GB

Untuk menunjang berbagai aktifitas, smartphone oppo reno 8 menjadi salah satu yang terbaik. Dengan spesifikasi yang tinggi, dan design yang elegant tetapi memiliki harga yang terjangkau. Sehingga sangat cocok digunakan untuk beraktivitas. Berikut Oppo...

Berikan Kenyamanan Pemudik, Polres Benteng Tambal Jalan Berlubang

BENTENG, - Mengantisipasi terjadinya kecelakaan lalu lintas menjelang arus mudik Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah tahun 2022, Selasa 19 april 2022 Polres Bengkulu Tengah melakukan perbaikan dibeberapa titik badan jalan yang rusak di...