Di Paripurna DPRD Provinsi Bengkulu, Gubernur Sampaikan LKPj

BENGKULU – Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah menyampaikan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Gubernur Bengkulu Tahun 2020, pada Rapat Paripurna DPRD Provinsi Bengkulu ke – 8 Masa Persidangan ke I Tahun Sidang 2021, di Ruang Rapat Paripurna, Senin (29/3).

Penyampaian LKPJ Gubernur Bengkulu ini merupakan kewajiban Kepala Daerah yang diamanatkan Undang-Undang untuk memberikan laporan penyelenggaraan pemerintahan daerah.

Dalam laporannya, Gubernur Rohidin memaparkan secara ringkas capaian kinerja dari aksi yang telah diupayakan kepala daerah beserta jajarannya.

Adapun capaian kinerja tersebut, sampai Gubernur, pada sisi pengendalian inflasi, dalam lima tahun terakhir inflasi Provinsi Bengkulu berhasil ditekan secara drastis dari 5, 00 persen ditahun 2016 menjadi 0, 89 persen pada tahun 2020.

“Penurunan ini berkat kestabilan harga barang dan jasa yang terjaga sepanjang tahun,” sebut Gubernur Rohidin.

Selanjutnya, Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) perkapita Provinsi Bengkulu tahun 2020 meningkat, dimana sebutnya, naik menjadi Rp36, 31 juta dibandingkan tahun 2019 yang hanya sebesar Rp36, 2 juta.

“PDRB menurut pengeluaran atas dasar harga berlaku pada tahun 2020 juga mengalami kenaikan dibanding tahun 2019. Dimana pada tahun 2020 nilai PDRB tersebut mencapai Rp73, 34 triliun sedangkan tahun 2019 hanya sebesar Rp72,11 triliun,” paparnya.

Di sisi pertumbuhan ekonomi, sampainya, memang mengalami penurunan pada tahun 2020 menyentuh minus 0, 02 persen jika dibandingkan pada tahun 2019.

Menurutnya, hal itu sebagai akibat tertekannya perekonomian global dan nasional sebagai dampak pendemi Covid-19.

“Akan tetapi, jika dibandingkan dengan provinsi lain di Pulau Sumatera, Provinsi Bengkulu merupakan provinsi dengan penurunan pertumbuhan ekonomi terkecil,” sebutnya.

Untuk penanganan masalah kemiskinan di Provinsi Bengkulu, ujarnya, telah menunjukan hasil yang signifikan pada beberapa tahun terakhir.

Ini dibuktikan dengan penurunan tingkat kemiskinan pada tahun 2018 sebesar 1, 02 poin dan merupakan provinsi paling progresif menurunkan tingkat kemiskinan di Pulau Sumatera. (ADV)

Terbaru

Lagu Sera Joan Bergema di Kuta Bali

SELUMA - Belum lama di rilis Film Sera Joan (Serasan Seijoan), Original Soundtrack (OST) Film tersebut yang berjudul Sera Joan bergema di Kuta Bali. Jumat 1 Juli 2022. Lagu yang diciptakan orang nomor satu di...

Pemuda Alap Bantu Korban Banjir

SELUMA – Sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama, Organisasi Pemuda Alap Kabupaten Seluma kembali melaksanakan aksi sosial peduli korban bencana banjir di wilayah kabupaten Seluma, Kamis malam (30/06/2022). Sejalan dengan program Bupati Seluma yakni Seluma Alap....

Disparpora Apresiasi JMSI dan Pemuda Alap, Komitmen Ramaikan TWK

SELUMA - Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Seluma, mengapresiasi JMSI dan Pemuda Alap yang berKomitmen menjadikan Taman Wisata Kota (TWK) Simpang Enam Kelurahan Talang Saling Kecamatan Seluma sebagai pusat Usaha Mikro Kecil...

Related Articles

Ayo Vaksin Boster, Ini Tempatnya !!! Mari Lebaran Tanpa Corona

BENGKULU, - Jelang arus mudik Hari Raya Idul Fitri 1443 H tahun 2022, serbuan vaksinasi Polri kembali digelar. Kali ini Polri bekerjasama dengan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) dan Kementerian Agama RI menggelar vaksinasi...

Mutasi, Jabatan Wakapolda Bengkulu Resmi Berganti

BENGKULU – Wakapolda Bengkulu yang sebelumnya di jabat Brigjen Pol Drs. Hari Prasodjo, M.H., resmi berganti. Ini lantaran dirinya dalam rangka memasuki masa pensiun. Dalam surat telegram Kapolri nomor:ST/747/IV/KEP/2022, Brigjen Pol Drs. Umardani, M.Si yang...

Aliansi Mahasiswa Demonstrasi di kantor DPRD Provinsi Bengkulu 

BENGKULU, - Aksi demonstrasi secara serentak digelar seluruh elemen mahasiswa di berbagai daerah di Indonesia, tak terkecuali Provinsi Bengkulu. Mahasiswa dari berbagai kampus di Bengkulu mengepung kantor DPRD Provinsi Bengkulu, Senin 11 April 2022. Aksi...