Didukung Garuda, Rohidin Pastikan Persyaratan Karantina dan Bea Cukai Sesuai Aturan

BENGKULU – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu terus meningkatkan peluang ekspor komoditas unggulan ke negara-negara tujuan ekspor. Jika sebelumnya hanya melalui Pelabuhan Pulau Baai, kini Pemprov sedang menjajaki ekspor melalui bandar udara Fatmawati Soekarno Bengkulu.

Disampaikan Area Manager Regional Sumatera PT. Garuda Indonesia, Ngakan Septigraha, bahwa Garuda Indonesia mendukung Pemerintah Provinsi Bengkulu untuk melakukan ekspor langsung produk-produk unggulannya dari Bengkulu ke negara tujuan ekspor, melalui armada Garuda Indonesia.

“Jadi Garuda akan mendukung program Pemprov Bengkulu terutama ekspor, tadi disampaikan ada beberapa potensi ekspor yang ada di Bengkulu seperti ikan, kopi, sarang burung walet. Selama ini kan masih belum bisa diekspor dari Bengkulu sendiri,” jelas Ngakan usai bertemu Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah terkait Pembahasan Tindak Lanjut Rencana Ekspor Potensi Komoditi di Provinsi Bengkulu, Selasa (31/08/2021).

Ngakan menambahkan, siap untuk menyiapkan armada Garuda Indonesia guna mengakomodir ekspor komoditas unggulan Provinsi Bengkulu ke depannya.

“Kita siap untuk angkutan udaranya, kita siapkan apalagi di masa pandemi seperti sekarang, sambutan pak Gubernur bagus sekali, mudah-mudahan seiring membaiknya kondisi pandemi kita akan bisa meningkatkan penumpang lagi, karena sekarang masih PPKM berpergian menjadi terbatas,” ungkap Ngakan.

Sementara Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah menyambut baik dukungan Garuda Indonesia kepada Pemerintah Provinsi Bengkulu. Dijelaskan Gubernur bahwa ada beberapa potensi yang bisa di angkat untuk ekspor Bengkulu.

Pertama di sektor Perikanan, Sarang Burung Walet, Kopi dan beberapa produk holtikultura, yang telah memiliki jalur ke negara tetangga.

Gubenur Rohidin sendiri memastikan persyaratan terkait karantina dan bea cukai bisa berjalan sesuai dengan aturan, hal ini agar tidak ada kendala dalam proses ekspor yang akan dilaksanakan.

Gubernur Rohidin juga menyebutkan, pihak Garuda menetapkan ada volume maupun kuota standar yang harus dipenuhi agar proses ekspor dapat dilakukan langsung dari Provinsi Bengkulu.

“Dalam waktu dekat akan kita mulai finalisasi, tentu melibatkan pelaku ekspor yang ada di Bengkulu, juga terkait bea cukai dan kekarantinaan, mudah mudahan dapat diwujudkan dalam waktu dekat,” harap Gubernur Rohidin. (ADV)

Terbaru

Bebutok Bekuah, Makanan Khas Seluma yang Kembali Digaungkan

SELUMA - Dalam rangka memeriahkan HUT Kabupaten Seluma ke-19, TP PKK Seluma menggelar Lomba Masak Bebutok Bekuah Alap dan Lomba Nampi Beras di halaman Gedung Daerah Serasan Seijoan, Kamis, 19 Mei 2022. Bebutok Bekuah merupakan...

Erwin Komitmen Majukan Pasar Sembayat

SELUMA - Bupati Seluma Erwin Octavian berkomitmen memajukan Pasar Sembayat di Kelurahan Sembayat Kecamatan Seluma Timur. Penegasan ini disampaikannya saat memimpin Apel Akbar Pemkab Seluma bersama Forkompimda Seluma di Pasar Sembayat, Rabu, 18 Mei...

Safari Ramadan Ketua DPRD Seluma, Serap Aspirasi dan Salurkan Bantuan

SELUMA - Ketua DPRD Seluma Nofi Eriyan Andesca kembali melaksanakan Safari Ramadan yang kali ini digelar di Masjid Talbiah Desa Talang Benuang Kecamatan Air Periukan, Selasa, 26 April 2022. Disampaikan Nofi bahwa inti dari kegiatan...

Related Articles

Ayo Vaksin Boster, Ini Tempatnya !!! Mari Lebaran Tanpa Corona

BENGKULU, - Jelang arus mudik Hari Raya Idul Fitri 1443 H tahun 2022, serbuan vaksinasi Polri kembali digelar. Kali ini Polri bekerjasama dengan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) dan Kementerian Agama RI menggelar vaksinasi...

Mutasi, Jabatan Wakapolda Bengkulu Resmi Berganti

BENGKULU – Wakapolda Bengkulu yang sebelumnya di jabat Brigjen Pol Drs. Hari Prasodjo, M.H., resmi berganti. Ini lantaran dirinya dalam rangka memasuki masa pensiun. Dalam surat telegram Kapolri nomor:ST/747/IV/KEP/2022, Brigjen Pol Drs. Umardani, M.Si yang...

Aliansi Mahasiswa Demonstrasi di kantor DPRD Provinsi Bengkulu 

BENGKULU, - Aksi demonstrasi secara serentak digelar seluruh elemen mahasiswa di berbagai daerah di Indonesia, tak terkecuali Provinsi Bengkulu. Mahasiswa dari berbagai kampus di Bengkulu mengepung kantor DPRD Provinsi Bengkulu, Senin 11 April 2022. Aksi...