Disomasi SD IT Al Hasanah, Wali Murid Sempat Depresi, Wali Kota Kirim Pengacara

BENGKULU – Siti Masroha sempat depresi saat menerima surat somasi dari SD IT Al Hasanah. Anaknya sudah setahun ini terlantar, tak lagi bersekolah.

“Saking cemasnya, wali murid itu rela di penjara, asalkan anaknya bisa pindah dari SD IT Al Hasanah,” ungkap Kuasa Hukum Siti Masroha, Benni Hidayat, Kamis, 2 September 2021.

Didampingi rekannya Asrul, Benni menjelaskan, keluarga ini awalnya memang keluarga yang dikatakan mampu untuk menyekolahkan anaknya di SD IT Al Hasanah, yang notabene lebih mahal dibanding sekolah negeri.

Namun, ketika anaknya naik kelas IV, keluarga itu ditimpa musibah. Ekonomi mereka anjlok, bahkan untuk membayar biaya sekolah pun tidak mampu.

“Saat itu mereka sempat minta anak di pindahkan dari sekolah. Tapi pihak sekolah ketika itu tidak bisa memindahkan sekolah, alasannya pindah sekolah bukan solusi,” kata Benni.

Akhirnya, anak tersebut terus lanjut sekolah hingga kelas V SD. Tunggakan pun semakin besar.

“Pada Agustus 2020, mereka semakin tidak mampu bayar. Saat itu, harusnya anaknya belajar di kelas VI namun diberhentikan sementara oleh pihak sekolah,” ungkap Benni.

“Dan sejak saat itu, anak itu terlantarkan dan tidak ikut belajar, walaupun daring,” imbuhnya.

Terkait permasalahan ini, Benni berencana menempuh langkah hukum, di antaranya, berkoordinasi ke Komnas HAM dan Komnas Anak.

“Tadi kami juga sudah koordinasi dengan LBH Perlindungan Perempuan dan Anak. Karena kami menganggap ada sisi kemanusiaan di permasalahan ini,” kata dia.

Sebelumnya, Siti disomasi SDIT Al Hasanah karena menunggak pembayaran sebesar Rp 11,9 juta.

Dia mengaku tak sanggup membayar kewajiban tersebut karena kondisi keuangan yang sedang drop. Kepada pihak sekolah, ia sempat izin agar anaknya dipindahkan saja ke sekolah lain. Tapi, surat pindah tidak dikeluarkan sebelum tunggakan dilunasi.

Atas kejadian ini, ia meminta bantuan Wali Kota Bengkulu Helmi Hasan, dan wali kota langsung mengutus pengacara untuk mengadvokasi persoalan ini.

“Pengacara ini akan ditugaskan mengecek langsung kondisi keluarga Siti Masroha,” kata Helmi.

Selain mengecek kondisi keluarga, Helmi juga minta hal ini dilaporkan ke Komnas HAM dan KPAI.

“Karena menurut kami siswa tersebut telah dirugikan. Sudah setahun ini, anak itu tidak sekolah lagi,” ujar Helmi. (Bencool/TC)

Terbaru

Bebutok Bekuah, Makanan Khas Seluma yang Kembali Digaungkan

SELUMA - Dalam rangka memeriahkan HUT Kabupaten Seluma ke-19, TP PKK Seluma menggelar Lomba Masak Bebutok Bekuah Alap dan Lomba Nampi Beras di halaman Gedung Daerah Serasan Seijoan, Kamis, 19 Mei 2022. Bebutok Bekuah merupakan...

Erwin Komitmen Majukan Pasar Sembayat

SELUMA - Bupati Seluma Erwin Octavian berkomitmen memajukan Pasar Sembayat di Kelurahan Sembayat Kecamatan Seluma Timur. Penegasan ini disampaikannya saat memimpin Apel Akbar Pemkab Seluma bersama Forkompimda Seluma di Pasar Sembayat, Rabu, 18 Mei...

Safari Ramadan Ketua DPRD Seluma, Serap Aspirasi dan Salurkan Bantuan

SELUMA - Ketua DPRD Seluma Nofi Eriyan Andesca kembali melaksanakan Safari Ramadan yang kali ini digelar di Masjid Talbiah Desa Talang Benuang Kecamatan Air Periukan, Selasa, 26 April 2022. Disampaikan Nofi bahwa inti dari kegiatan...

Related Articles

Ayo Vaksin Boster, Ini Tempatnya !!! Mari Lebaran Tanpa Corona

BENGKULU, - Jelang arus mudik Hari Raya Idul Fitri 1443 H tahun 2022, serbuan vaksinasi Polri kembali digelar. Kali ini Polri bekerjasama dengan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) dan Kementerian Agama RI menggelar vaksinasi...

Mutasi, Jabatan Wakapolda Bengkulu Resmi Berganti

BENGKULU – Wakapolda Bengkulu yang sebelumnya di jabat Brigjen Pol Drs. Hari Prasodjo, M.H., resmi berganti. Ini lantaran dirinya dalam rangka memasuki masa pensiun. Dalam surat telegram Kapolri nomor:ST/747/IV/KEP/2022, Brigjen Pol Drs. Umardani, M.Si yang...

Aliansi Mahasiswa Demonstrasi di kantor DPRD Provinsi Bengkulu 

BENGKULU, - Aksi demonstrasi secara serentak digelar seluruh elemen mahasiswa di berbagai daerah di Indonesia, tak terkecuali Provinsi Bengkulu. Mahasiswa dari berbagai kampus di Bengkulu mengepung kantor DPRD Provinsi Bengkulu, Senin 11 April 2022. Aksi...