Disomasi SD IT Al Hasanah, Wali Murid Sempat Depresi, Wali Kota Kirim Pengacara

BENGKULU – Siti Masroha sempat depresi saat menerima surat somasi dari SD IT Al Hasanah. Anaknya sudah setahun ini terlantar, tak lagi bersekolah.

“Saking cemasnya, wali murid itu rela di penjara, asalkan anaknya bisa pindah dari SD IT Al Hasanah,” ungkap Kuasa Hukum Siti Masroha, Benni Hidayat, Kamis, 2 September 2021.

Didampingi rekannya Asrul, Benni menjelaskan, keluarga ini awalnya memang keluarga yang dikatakan mampu untuk menyekolahkan anaknya di SD IT Al Hasanah, yang notabene lebih mahal dibanding sekolah negeri.

Namun, ketika anaknya naik kelas IV, keluarga itu ditimpa musibah. Ekonomi mereka anjlok, bahkan untuk membayar biaya sekolah pun tidak mampu.

“Saat itu mereka sempat minta anak di pindahkan dari sekolah. Tapi pihak sekolah ketika itu tidak bisa memindahkan sekolah, alasannya pindah sekolah bukan solusi,” kata Benni.

Akhirnya, anak tersebut terus lanjut sekolah hingga kelas V SD. Tunggakan pun semakin besar.

“Pada Agustus 2020, mereka semakin tidak mampu bayar. Saat itu, harusnya anaknya belajar di kelas VI namun diberhentikan sementara oleh pihak sekolah,” ungkap Benni.

“Dan sejak saat itu, anak itu terlantarkan dan tidak ikut belajar, walaupun daring,” imbuhnya.

Terkait permasalahan ini, Benni berencana menempuh langkah hukum, di antaranya, berkoordinasi ke Komnas HAM dan Komnas Anak.

“Tadi kami juga sudah koordinasi dengan LBH Perlindungan Perempuan dan Anak. Karena kami menganggap ada sisi kemanusiaan di permasalahan ini,” kata dia.

Sebelumnya, Siti disomasi SDIT Al Hasanah karena menunggak pembayaran sebesar Rp 11,9 juta.

Dia mengaku tak sanggup membayar kewajiban tersebut karena kondisi keuangan yang sedang drop. Kepada pihak sekolah, ia sempat izin agar anaknya dipindahkan saja ke sekolah lain. Tapi, surat pindah tidak dikeluarkan sebelum tunggakan dilunasi.

Atas kejadian ini, ia meminta bantuan Wali Kota Bengkulu Helmi Hasan, dan wali kota langsung mengutus pengacara untuk mengadvokasi persoalan ini.

“Pengacara ini akan ditugaskan mengecek langsung kondisi keluarga Siti Masroha,” kata Helmi.

Selain mengecek kondisi keluarga, Helmi juga minta hal ini dilaporkan ke Komnas HAM dan KPAI.

“Karena menurut kami siswa tersebut telah dirugikan. Sudah setahun ini, anak itu tidak sekolah lagi,” ujar Helmi. (Bencool/TC)

Terbaru

Seluma Beragama, Erwin Bagikan Al-qur’an

SELUMA - Untuk mendukung program Seluma Beragama dan Berbudaya, Pemerintah Kabupaten Seluma membagikan 100 Al-Qur’an untuk 12 pondok pesantren dan penghafal Al-Qur’an di Kabupaten Seluma. Bupati Seluma Erwin Octavian mengatakan kegiatan pembagian Al-Quran untuk pondok...

Dalam Bulan ini, Bedah Rumah Korban Kebakaran di BP II Ditargetkan Rampung

SELUMA - Rumah Warga Desa Bukit Peninjauan (BP) II Kecamatan Sukaraja ditargetkan rampung dalam bulan ini juga (September 2022). Ibu Leha (65) dan Pak Asep (36) merupakan korban kebakaran yang menghabiskan kediaman tempat salah satunya...

Kumpulkan Camat, Erwin Minta Tanggap Bencana

SELUMA - Hujan yang menguyur Kabupaten Seluma selama kurang lebih 12 jam mengakibatkan beberapa Daerah di Kabupaten Seluma terdampak banjir dan tanah longsor. Untuk itu Bupati Seluma Erwin Octavian memerintahkan Camat Se-kabupaten Seluma dan Dinas...

Related Articles

Bingung Pilih Mobil, Simak Penjelasan Marketing Senior Agung Toyota Bengkulu

SELUMA - Toyota merupakan produsen industri otomotif terbesar yang ada di dunia saat ini. Hal ini karena Toyota Memiliki banyak keunggulan, sehingga produsen ternama ini selalu menonjol di pasaran, terutama untuk dunia otomotif. Hal...

Lowongan Pekerjaan Agung Toyota Seluma

Peluang Berkarir Bagi anda Yang Berjiwa Muda dan Menyukai Tantangan !! Perusahaan Otomotif Agung Toyota Bengkulu, Seluma Membuka Lowongan Pekerjaan "Sales Executive PRIA & WANITA" Dengan Syarat Sebagai Berikut : -Pria/Wanita minimal 21 Tahun & max Usia 28...

Ayo Vaksin Boster, Ini Tempatnya !!! Mari Lebaran Tanpa Corona

BENGKULU, - Jelang arus mudik Hari Raya Idul Fitri 1443 H tahun 2022, serbuan vaksinasi Polri kembali digelar. Kali ini Polri bekerjasama dengan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) dan Kementerian Agama RI menggelar vaksinasi...