Hearing ke Dewan, Apkasindo Persoalkan Replanting Sawit

BENGKULU – Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (Apkasindo) Provinsi Bengkulu, Senin (28/6/2021) hearing bersama anggota Dewan Provinsi Bengkulu.

Perwakilan Apkasindo langsung diterima anggota dewan provinsi, di antaranya Usin Abdisyah Putra Sembiring, Jonaidi, dan Dempo Xler.

Dikatakan Ketua DPW Apkasindo Bengkulu, A. Jakpar, pihaknya dengan mitra strategis Dinas Pertanian di Bidang Perkebunan selama ini telah bersinergi dengan baik.

Namun, dalam hal Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) atau Replanting sawit di Bengkulu yang bersumber dari dana BPDPKS saat ini telah memunculkan masalah besar.

“Kami sebagai mitra strategis, oleh pihak terkait tidak pernah diajak duduk bersama,” ujarnya.

Ia mengatakan, PSR yang bersumber dari BPDPKS tidak bisa dilakukan sembarangan, karena ada Standar Operasional Prosedur (SOP) nya.

“Yang diremajakan harus benar-benar sawit, tidak bisa kebun karet, kopi, atau lahan kosong. Apalagi di atas lahan HPT, HGU, atau hutan lindung,” ungkapnya.

Dijelaskannya, sawit yang akan diremajakan punya kriteria khusus, yaitu Sawit harus berumur lebih dari 25 tahun. Bisa juga sawit yang produktivitasnya rendah, misalnya panen TBS (kurang dari 10 ton per hektar/tahun) pada umur minimal 7 tahun. Benih tidak unggul dan tidak bersertifikat ini akan menghasilkan buah dura dan pisifera. Kalau yang ini umur 2 tahun, bisa diajukan PSR. Lahan sebaiknya bersertifikat atau bisa SKT. Kriteria itu terpenuhi baru bisa diajukan PSR.

“Program replanting di Provinsi Bengkulu yang sudah berjalan dari tahun 2018 hingga sekarang, kami katakan belum berjalan sebagaimana mestinya,” tandasnya.

Sementara itu, anggota DPRD Provinsi Bengkulu, Usin Abdisyah Putra Sembiring, mengatakan pihaknya sudah menerima perwakilan Apkasindo untuk hearing.

“Kami menerima hearing Asosiasi Petani Sawit Indonesia Provinsi Bengkulu yang mengeluh dan melaporkan permasalahan perusahaan yang tidak patuh pada penetapan harga TBS,” ucapnya.

Ditambahkan Usin, hearing tersebut juga membahas dugaan penyelewengan bantuan hibah program Replanting kebun sawit.

“Dan permasalahan dugaan penyelewengan bantuan hibah program Replanting kebun sawit rakyat di Provinsi Bengkulu,” tutup politisi Partai Hanura ini. (ADV)

Terbaru

DL Harus Bermanfaat, Erwin Perjuangkan Pembangunan Gedung Obat ke Pusat

SELUMA - Dinas Luar (DL) harus bermanfaat seperti itulah ungkapan Bupati Seluma Erwin Octavian belum lama ini. Hal itu dibuktikan Erwin dalam DL minggu ini, dengan memperjuangkan mobil pelayanan KB dan pembangunan gudang obat...

Tabat Seluma-Bengkulu Selatan Segera Sidang?

SELUMA - Pasca pendaftaran ke PN Tais, Pemkab Seluma tengah menunggu penjadwalan sidang di Mahkamah Agung, terkait tapal batas (Tabat) antara Kabupaten Seluma dan Bengkulu Selatan. Pihak Seluma menggugat Permendagri Nomor 9 Tahun 2020...

Akhir Januari, Seluruh Bangunan Liar di Simpang Enam Tais Dibongkar

SELUMA - Penertiban bangunan liar di sepanjang jalur dua Simpang Enam menuju jembatan layang akan kembali dilakukan, mengingat saat ini masih ada beberapa bangunan liar di lahan Pemkab Seluma yang belum dilakukan pembongkaran. Disampaikan Kabag...

Related Articles

Raperda Narkotika, DPRD Gelar Paripurna Jawaban Gubernur Terhadap Pandangan Umum Fraksi

BENGKULU - Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah memberikan jawaban terhadap Pemandangan Umum Fraksi-Fraksi DPRD Provinsi Bengkulu atas Raperda tentang Pencegahan dan Penyalahgunaan Serta Peredaran Gelap Narkotika, Psikotropika dan Prekusor Narkotika, di Ruang Rapat Paripurna DPRD...

Gelombang Tinggi Picu Abrasi

BENGKULU - Diungkapkan Kepala Seksi Program Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung Yumi lestari bahwa penyebab abrasi yang terjadi karena gelombang atau arus laut yang tinggi. Ombak di Bengkulu memang karakteristik dari...

RUPS Luar Biasa, Rohidin Tegaskan Bank Bengkulu Butuh Manajemen Lebih Terbuka, Ekspansif, dan Progresif

BENGKULU - Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah hadir dan pimpin Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPS-LB) PT. Bank Pembangunan Daerah (BPD) Bengkulu/ Bank Bengkulu (BB) Tahun 2021, di Gedung Daerah Balai Raya Semarak Bengkulu,...