Helmi Hasan dan Menantu Presiden Serius Bahas Merdekakan Ijazah

SUMATERA UTARA – Ada yang unik dari pertemuan Walikota Bengkulu Helmi Hasan dengan Walikota Medan Bobby Nasution di Kota Medan saat penandatanganan kerjasama antar Pemkot Bengkulu dan Pemkot Medan. Keduanya tampak serius membahas permasalahan ijazah siswa/siswi yang ditahan dan viral di Kota Bengkulu baru-baru ini.

Disini, Helmi mengatakan kepada menantu Presiden RI Joko Widodo (bobby) bahwa diskusi bersama ini harus benar-benar menghasilkan manfaat untuk masyarakat.

“Kalau di whatsapp (WA) dan Instagram permasalahan ijazah bukan hanya di Kota Bengkulu saja. Banyak orang yang sudah lulus tetapi ijazahnya ditahan karena ada tunggakan SPP. Ini sungguh disayangkan karena mereka tidak bisa menggunakan ijazah tersebut, apalagi mau melamar kerja. Maka dari itu, di kota kita mengeluarkan SE larangan menahan ijazah, apalagi dimasa pandemi seperti ini orang lagi susah,” sampai Helmi.

Helmi juga bercerita bahwa waktu itu ada janda tua yang menghubunginya.

“Ia mengeluhkan ijazah anaknya yang ditahan karena masih ada tunggakan. Dia juga bilang bahwa suaminya sudah meninggal, anaknya 4 dan anak terakhirnya baru lulus SMP, tetapi ijazahnya masih ditahan,” jelas Helmi.

Setelah ditelusuri ternyata tunggakan biaya anak tersebut di sekolah swasta sebesar Rp 35 juta.

“Akhirnya pemilik sekolah saya telepon, dan alhamdulillah ijazahnya diberikan,” ucapnya.

Ia juga membeberkan bahwa kejadian serupa tak hanya terkadi di Kota Bengkuku, melainkan di kabupaten juga, terkhususnya untuk jenjang SMA.

“Memang kalau tingkat SMA bukanlah wewenang kita. Tetapi ini bukan soal wewenang tapi soal kemanusiaan, apalagi sekarang masyarakat sedang tak berdaya, bukan berarti mereka tak mau bayar, tapi tak berdaya untuk membayar,” tambahnya.

Karena hal ini sedikit miris, Helmi pun langsung menyurati presiden RI Joko Widodo untuk mengembalikan wewenang SMA ke pemerintah tingkat II (kota).

Mendengar penjelasan Helmi, Walikota Medan Bobby Nasution sangat mengapresiasi perjuangan Helmi dalam memperjuangkan ijazah dan memajukan Kota Bengkulu.

“Saya sangat mengapresiasi betul kerja Pak Walikota. Nanti akan kita kaji ulang hal ini dalam rangka memerdekakan ijazah ke depannya,” ungkap Boby didampingi oleh Sekda Wiriya Al-Rahman.

Ia juga mengatakan siap mendukung dan mencontoh semua program yang baik di Kota Bengkulu, seperti mewujudkan Bengkulu Religius dan bahagia dan upaya memerdekakan ijazah.

“Di Kota Medan, untuk biaya sekolah negeri sudah gratis, namun untuk sekolah swasta belum pak, karena ada berbagai pertimbangan,”tambahnya. (ADV)

Terbaru

Seluma Berbudaya dan Beragama, TP-PKK Kabupaten Seluma Gelar Yasinan Bulanan

SELUMA - Tim Penggerak (TP) Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Seluma, menggelar kegiatan yasinan sebagai rutinitas Bulanan. Tujuan kegiatan yasinan yang digelar satu kali setiap bulan ini, adalah untuk mempererat silahturrahmi, selain itu sebagai bentuk...

Bingung Pilih Mobil, Simak Penjelasan Marketing Senior Agung Toyota Bengkulu

SELUMA - Toyota merupakan produsen industri otomotif terbesar yang ada di dunia saat ini. Hal ini karena Toyota Memiliki banyak keunggulan, sehingga produsen ternama ini selalu menonjol di pasaran, terutama untuk dunia otomotif. Hal...

Lowongan Pekerjaan Agung Toyota Seluma

Peluang Berkarir Bagi anda Yang Berjiwa Muda dan Menyukai Tantangan !! Perusahaan Otomotif Agung Toyota Bengkulu, Seluma Membuka Lowongan Pekerjaan "Sales Executive PRIA & WANITA" Dengan Syarat Sebagai Berikut : -Pria/Wanita minimal 21 Tahun & max Usia 28...

Related Articles

Di Tetapkan Tersangka, Ketua HIPMI DPO

SELUMA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI menetapkan Ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) yang juga bendahara PBNU, Mardani H Maming masuk dalam daftar pencairan orang (DPO). Penetapan ini setelah sebelumnya KPK menetapkan Ketua...

Spesifikasi dan Harga Oppo Reno 8 12/256 GB

Untuk menunjang berbagai aktifitas, smartphone oppo reno 8 menjadi salah satu yang terbaik. Dengan spesifikasi yang tinggi, dan design yang elegant tetapi memiliki harga yang terjangkau. Sehingga sangat cocok digunakan untuk beraktivitas. Berikut Oppo...

Aliansi Mahasiswa Demonstrasi di kantor DPRD Provinsi Bengkulu 

BENGKULU, - Aksi demonstrasi secara serentak digelar seluruh elemen mahasiswa di berbagai daerah di Indonesia, tak terkecuali Provinsi Bengkulu. Mahasiswa dari berbagai kampus di Bengkulu mengepung kantor DPRD Provinsi Bengkulu, Senin 11 April 2022. Aksi...