Indomaret Tak Berizin, Dewan Sidak PT Indomarco

BENGKULU – Sebagai bukti keseriusan DPRD Kota Bengkulu dalam menuntaskan salah satu PR yang belum selesai pada periode dewan sebelumnya yakni masalah toko modern yang tidak berizin, Senin, 1 Maret 2021, Gabungan Komisi DPRD Kota Bengkulu melakukan sidak ke kantor PT Indomarco Prismatama Bengkulu yang terletak di Kelurahan Betungan.

Ketua Komisi I Teuku Zulkarnain di hadapan manajemen PT Indomarco mengatakan, tujuan sidak ini adalah untuk memastikan ada atau tidaknya izin operasional gerai Indomaret.

Area Manager PT Indomarco Budiono mengakui pihaknya belum mengantongi izin operasional terhadap 72 gerai Indomaret yang telah berdiri. Dia juga mengakui izin yang dimiliki pihaknya hanyalah izin usaha PT Indomarco Prismatama yang terinput dalam sistem OSS.

Budiono menambahkan saat ini pihaknya tengah melakukan proses penginputan izin usaha tersebut dalam website perizinan DPMPTSP.

“Saat ini kami sedang melakukan penginputan izin OSS tersebut dalam website DPMPTSP. Tinggal menunggu pihak pemkot yang mengkonfirmasinya,” jelas Budiono.

Sementara itu DPMPTSP yang diwakili oleh Afri Chandriani mengatakan, selama periode 2019-2020 pihaknya telah menyurati PT Indomarco untuk memperbaiki dan melengkapi dokumen perizinan. Dari 72 berkas gerai Indomaret yang sedang diurus izin usahanya di DPMPTSP, sebanyak 30 berkas gerai Indomaret ditunda prosesnya karena tidak sesuai persyaratan dan tidak lengkap.

“30 gerai ditunda prosesnya dan sudah kami koordinasikan ke PT Indomarco. Penundaan dikarenakan berkas tidak lengkap dan tidak sesuai persyaratan,” kata Afri.

Ketua Komisi II Indra Sukma yang sejak tahun 2015 mengawal perizinan Indomaret meminta gerai Indomaret ditutup terlebih dahulu, hingga PT Indomarco memiliki izin operasional Indomaret.

“Dulu di 2015 disepakati oleh PT Indomarco untuk melengkapi dokumen perizinan. Dan beberapa poin yang tercatat dalam notulen rapat, PT Indomarco bahkan berjanji akan mengakomodir 75 persen pekerja lokal dan produk UMKM lokal. Sampai saat ini kan tidak terealisasi. Percuma saja kita kasih waktu lagi. Tutup saja dulu sampai ada izin operasional,” pinta Indra.

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi III Dediyanto menyarankan agar Pemerintah Kota Bengkulu memberi peringatan keras (somasi) tertulis pertama kepada PT Indomarco karena telah melaksanakan operasional gerai Indomaret sebelum adanya dokumen izin usaha. Jika tidak diindahkan maka akan ada langkah selanjutnya yang akan diambil.

“Pemkot harus memberi somasi pertama dulu, karena melanggar aturan. Kita berharap Indomarco segera melengkapi izin usaha Indomaret sebelum dilakukan langkah selanjutnya,” kata Dediyanto.

Di akhir Sidak, Teuku Zulkarnain mengatakan sudah jelas gerai Indomaret yang ada melanggar aturan karena telah beroperasi sebelum adanya izin usaha. Teuku memastikan dalam waktu dekat akan memanggil OPD teknis untuk menyiapkan langkah selanjutnya. (ADV)

Terbaru

DL Harus Bermanfaat, Erwin Perjuangkan Pembangunan Gedung Obat ke Pusat

SELUMA - Dinas Luar (DL) harus bermanfaat seperti itulah ungkapan Bupati Seluma Erwin Octavian belum lama ini. Hal itu dibuktikan Erwin dalam DL minggu ini, dengan memperjuangkan mobil pelayanan KB dan pembangunan gudang obat...

Tabat Seluma-Bengkulu Selatan Segera Sidang?

SELUMA - Pasca pendaftaran ke PN Tais, Pemkab Seluma tengah menunggu penjadwalan sidang di Mahkamah Agung, terkait tapal batas (Tabat) antara Kabupaten Seluma dan Bengkulu Selatan. Pihak Seluma menggugat Permendagri Nomor 9 Tahun 2020...

Akhir Januari, Seluruh Bangunan Liar di Simpang Enam Tais Dibongkar

SELUMA - Penertiban bangunan liar di sepanjang jalur dua Simpang Enam menuju jembatan layang akan kembali dilakukan, mengingat saat ini masih ada beberapa bangunan liar di lahan Pemkab Seluma yang belum dilakukan pembongkaran. Disampaikan Kabag...

Related Articles

Raperda Narkotika, DPRD Gelar Paripurna Jawaban Gubernur Terhadap Pandangan Umum Fraksi

BENGKULU - Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah memberikan jawaban terhadap Pemandangan Umum Fraksi-Fraksi DPRD Provinsi Bengkulu atas Raperda tentang Pencegahan dan Penyalahgunaan Serta Peredaran Gelap Narkotika, Psikotropika dan Prekusor Narkotika, di Ruang Rapat Paripurna DPRD...

Gelombang Tinggi Picu Abrasi

BENGKULU - Diungkapkan Kepala Seksi Program Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung Yumi lestari bahwa penyebab abrasi yang terjadi karena gelombang atau arus laut yang tinggi. Ombak di Bengkulu memang karakteristik dari...

RUPS Luar Biasa, Rohidin Tegaskan Bank Bengkulu Butuh Manajemen Lebih Terbuka, Ekspansif, dan Progresif

BENGKULU - Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah hadir dan pimpin Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPS-LB) PT. Bank Pembangunan Daerah (BPD) Bengkulu/ Bank Bengkulu (BB) Tahun 2021, di Gedung Daerah Balai Raya Semarak Bengkulu,...