Kasus Korupsi DD Cawang Naik Status ke Penyelidikan

SELUMA – Kejari Seluma terus melakukan pengusutan terhadap kasus dugaan korupsi Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) Cawang Kecamatan Lubuk Sandi. Usai pengumpulan bahan keterangan (pulbaket), penyidik menaikkan status kasus tersebut menjadi penyelidikan.

“Untuk Cawang kita dapat pelimpahan dari kasi intel, dilimpahkan ke bidang pidsus, dan statusnya saat ini penyelidikan,” kata Kasi Pidsus Ahmadi belum lama ini.

Bahkan pihaknya telah memanggil ulang penamping kecamatan dan BPD.

“Statusnya permintaan keterangan, ini pemanggilan ke dua, terkait DD cawang,” ujar Ahmadi.

Sekadar mengingatkan, dugaan penyelewengan ADD dan DD tersebut dilaporkan Ketua BPD Cawang Doni Jayadi bersama sejumlah masyarakat. Dalam laporannya disebutkan dugaan beberapa pekerjaan yang tidak dilaksanakan atau fiktif.

Bahkan Doni mengungkapkan, dalam sebuah rapat Kades Cawang pernah memaparkan rincian pengeluaran keuangan, selain ke jaksa senilai Rp 4 juta disebutkan juga ada aliran uang ke Inspektorat Rp 5 juta dan pihak lainnya. Rapat dimaksud adalah rapat BPD mempertanyakan realisasi anggaran.

“Itu keterangan kades, bahwa salah satunya pengeluaran keuangan yang kami pertanyakan itu ada diberikan untuk jaksa senilai 4 juta, inspektorat 5 juta, dan lainnya. Di situ kan tertulis, itu kades sendiri yang menulis tanpa ada yang menyuruh. Kalau maksudnya untuk jaksa dan untuk inspektorat itu apa kami tidak tahu, yang jelas kades saat itu ngomong sama kami kalian pikir saya sendiri yang makan uang itu, itu semua saya rincikan, bukan saya sendiri yang memakan,” ujar Doni saat melapor Kades Cawang beberapa waktu lalu.

Namun laporan tersebut dibantah Kades Cawang Sahari.

“Yang dilaporkan BPD itu tidak benar dan tidak sama dengan realisasi yang ada di lapangan, seperti MCK dan pelapis tebing itu tidak fiktif yang ada dialihkan ke Covid dengan anggaran senilai 300 juta,” ujarnya.

Ia juga memberikan penjelasan terkait penyebutan aliran dana yang disetorkan ke jaksa dan Inspektorat. Dia berdalih bahwa pada saat itu dirinya salah dalam pengucapan.

“Itu salah, sebenarnya waktu itu salah pengucapan, yang 4 juta itu bukan jaksa tapi jasa, jasa operator. Dan inspektorat itu investor yakni Rudi,” kata Sahari.

Tapi Sahari membenarkan ada aliran dana untuk dua media online, berupa pembayaran iklan untuk dua media online. (Bencool/Tomi)

Terbaru

Aneka Varian Rasa Cokelat SilverQueen

Cokelat merupakan salah satu jenis makanan populer yang disukai banyak orang. Sensasi ketika cokelat yang lezat meleleh di mulut memang sangat nikmat dan menyenangkan. Sehingga tidak aneh kalau cokelat disukai banyak orang dari berbagai...

Dukung Program Pemerintah, Elisa Ermasari Bagikan Paket Sembako di Kampung KB

BENGKULU - Elisa Ermasari Putri Meriani Pengusaha Muda dan Sukses di Provinsi Bengkulu ini kembali melakukan aksi sosial. Kali ini Perempuan Mudah Berparas Cantik tersebut membagikan puluhan Paket Sembako di RT 5 RW 2...

Kunjungi PWI, Ini Pesan Kapolres Seluma

SELUMA - Kepala Kepolisian Resor Seluma AKBP Arif Eko Prasetyo, S. Ik, M.H melakukan kunjungan kerja ke Sekretariat Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Seluma. Kamis 26 Januari 2023. Disampaikan Kapolres Seluma kujungan tersebut untuk memperkuat...

Related Articles

Kunjungi PWI, Ini Pesan Kapolres Seluma

SELUMA - Kepala Kepolisian Resor Seluma AKBP Arif Eko Prasetyo, S. Ik, M.H melakukan kunjungan kerja ke Sekretariat Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Seluma. Kamis 26 Januari 2023. Disampaikan Kapolres Seluma kujungan tersebut untuk memperkuat...

Sertifikat Terbit, Kabupaten Seluma Segera Miliki Markas Brimob

SELUMA - Rencana pendirian Markas Brimob di lahan seluas 23,6 Hektar yang merupakan Ex Sekolah Polisi Negara (SPN) Polda Bengkulu yang terletak di Desa Talang Kebun Kecamatan Lubuk Sandi Kabupaten Seluma akan segera terealisasi. Hal...

JMSI Seluma Gelar Lomba LKBB Tingkat Kabupaten

SELUMA - Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) Berkolaborasi dengan Purnama Paskibraka Indonesia (PPI) Seluma menggelar Perlombaan Lomba Ketangkasan Baris Berbasis (LKBB) tingkat Kabupaten, yang memperebutkan Piala bergilir Bupati Seluma tahun 2022. Dalam kegiatan yang di...