Masjid di Seluma Banyak Rusak, Pimpinan DPRD Perjuangkan Bantuan ke Kemenag RI

INDONESIA – Sebagai upaya memperjuangkan masjid atau musala agar mendapat bantuan, Ketua DPRD Seluma Nofi Eriyan Andesca bersama Waka I DPRD Seluma Sugeng Zonrio, dan Waka II DPRD Seluma Ulil Umidi melakukan koordinasi ke Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI), Kamis, 7 April 2022.

Pimpinan DPRD Seluma tersebut ingin mengetahui seperti apa proses dan tata cara pengajuan bantuan untuk masjid atau musala.

“Kita koordinasi terkait proses pengajuan bantuan masjid, ini kita lakukan mengingat saat ini banyak masjid di Kabupaten Seluma yang perlu diperbaiki,” ungkap Sugeng Zonrio.

Kata Sugeng, dari hasil koordinasi tersebut, ternyata masjid manapun bisa melakukan pengajuan bantuan namun memang harus ada dokumen kelengkapan yang jelas.

“Syaratnya ada sertifikat atas nama masjid, rekening bank atas nama masjid. Karena bantuan itu langsung masuk ke rekening masjid yang mengajukan proposal itu,” jelas Sugeng.

Untuk itu Sugeng mengimbau jika di Seluma ada masjid yang sudah mempunyai kelengkapan syarat yang disebutkan bisa langsung membuat proposal pengajuan.

“Kalau memang ada di Seluma masjidnya yang sudah mempunyai kelengkapan tadi, kami DPRD Seluma siap membantu, bisa langsung antar ke kami, selanjutnya kami yang akan meneruskan itu ke kementerian,” Ujar Sugeng.

Selanjutnya, jika proposal pengajuan sudah masuk akan ada tim survei yang akan turun ke lapangan untuk memastikan kebenaran keberadaan masjid tersebut.

“Setelah proposal pengajuan masuk nanti ada tim survei yang bakal turun, bisa jadi dari kanwil provinsi atau kabupaten, dan jika syarat semua lengkap bantuannya langsung cair ke rekening masjid yang melakukan pengajuan,” akhir Sugeng.

Dikutip dari laman kemenag.go.id, syarat dan proses pengajuannya adalah masjid atau musala harus terdaftar pada Sistem Informasi Masjid (SIMAS) Kemenag, memiliki rekening bank atas nama masjid atau musala.

Sedangkan prosedur untuk mendapatkan bantuan dana sebagai berikut:

1. Membuat dokumen permohonan bantuan yang ditujukan kepada Menteri Agama melalui Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam atau Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah.
2. Rekomendasi SIMAS yang dikeluarkan kemenag setempat.
3. Fotokopi keputusan susunan kepengurusan.
4. Rencana Anggaran Biaya (RAB).
5. Fotokopi buku rekening atas nama masjid atau musala yang masih aktif.
6. Surat pernyataan kebenaran dokumen yang bermaterai dan ditandatangani oleh ketua pengurus. (Bencool/Tomi/Adv)

Terbaru

Seluma Beragama, Erwin Bagikan Al-qur’an

SELUMA - Untuk mendukung program Seluma Beragama dan Berbudaya, Pemerintah Kabupaten Seluma membagikan 100 Al-Qur’an untuk 12 pondok pesantren dan penghafal Al-Qur’an di Kabupaten Seluma. Bupati Seluma Erwin Octavian mengatakan kegiatan pembagian Al-Quran untuk pondok...

Dalam Bulan ini, Bedah Rumah Korban Kebakaran di BP II Ditargetkan Rampung

SELUMA - Rumah Warga Desa Bukit Peninjauan (BP) II Kecamatan Sukaraja ditargetkan rampung dalam bulan ini juga (September 2022). Ibu Leha (65) dan Pak Asep (36) merupakan korban kebakaran yang menghabiskan kediaman tempat salah satunya...

Kumpulkan Camat, Erwin Minta Tanggap Bencana

SELUMA - Hujan yang menguyur Kabupaten Seluma selama kurang lebih 12 jam mengakibatkan beberapa Daerah di Kabupaten Seluma terdampak banjir dan tanah longsor. Untuk itu Bupati Seluma Erwin Octavian memerintahkan Camat Se-kabupaten Seluma dan Dinas...

Related Articles

Di Tetapkan Tersangka, Ketua HIPMI DPO

SELUMA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI menetapkan Ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) yang juga bendahara PBNU, Mardani H Maming masuk dalam daftar pencairan orang (DPO). Penetapan ini setelah sebelumnya KPK menetapkan Ketua...

Spesifikasi dan Harga Oppo Reno 8 12/256 GB

Untuk menunjang berbagai aktifitas, smartphone oppo reno 8 menjadi salah satu yang terbaik. Dengan spesifikasi yang tinggi, dan design yang elegant tetapi memiliki harga yang terjangkau. Sehingga sangat cocok digunakan untuk beraktivitas. Berikut Oppo...

Aliansi Mahasiswa Demonstrasi di kantor DPRD Provinsi Bengkulu 

BENGKULU, - Aksi demonstrasi secara serentak digelar seluruh elemen mahasiswa di berbagai daerah di Indonesia, tak terkecuali Provinsi Bengkulu. Mahasiswa dari berbagai kampus di Bengkulu mengepung kantor DPRD Provinsi Bengkulu, Senin 11 April 2022. Aksi...