Mukernas DPP Mapancas, Rohidin: semangat nasionalisme jadi pedoman

BENGKULU – Gubernur Rohidin Mersyah membuka Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) DPP Mahasiswa Pancasila periode 2020-2023, di Balai Raya Semarak Bengkulu (20/9/21) yang digelar secara hibrid.

Menurut Gubernur Rohidin, Bengkulu sangat tepat menjadi tuan rumah Mukernas Mahasiswa Pancasila, karena sejarah mencatat Bengkulu menjadi tempat Bung Karno mendalami ide dasar nilai nilai Pancasila dan semangat kemerdekaan.

Bengkulu juga merupakan kota kelahiran Ibu Fatmawati, ibu negara pertama Republik Indonesia. Dengan semangat kebangsaannya, beliau membantu Bung Karno mempersiapkan kemerdekaan dengan menjahit kain merah dan putih menjadi bendera Indonesia yang dikibarkan saat proklamasi kemerdekaan.

“Semangat nasionalisme ini diharapkan menjadi pedoman Mahasiswa Pancasila menyusun program kerjanya bersama pemerintah bersinergi membangun bangsa,” uturnya.

Ketua Umum DPP Mapancas, Pilar Saga Ichsan, mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Provinsi Bengkulu yang telah menerima dan memberikan ruang kepada Mapancas untuk bermusyawarah.

Dikatakannya diumur 63 tahun berdiri, Mapancas akan terus menunjukkan eksistensinya di dunia organisasi kepemudaan nasional, bersinergi dengan pemerintah, dunia usaha, civitas akademika, insan pers, dan organisasi masyarakat.

Sementara Ketua Umum DPD Mapancas Provinsi Bengkulu, Andrian Wahyudi, pada Mukernas kali ini menekankan perlunya peran pemuda yang lebih luas dalam merespon arus globalisasi. Hal tersebut menurutnya sangat penting mengingat kemajuan bangsa ditentukan oleh keterlibatan pemuda selaku generasi penerus bangsa.

“Indonesia membutuhkan generasi muda yang hebat, serta mempunyai sikap inovatif dan kreatif, dikombinasikan dengan sifat disiplin kritis dan dinamis dan tidak mudah terbawa arus modernisasi, serta mampu bekerja secara maksimal untuk menghasilkan karya nyata bagi kemajuan bangsa dan negara,” ujar Andrian.

Hal tersebut ditegaskannya harus menjadi fokus dan komitmen Mahasiswa Pancasila dalam berkiprah nyata demi kemajuan bangsa. (ADV)

Terbaru

Pemuda Alap Bantu Korban Banjir

SELUMA – Sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama, Organisasi Pemuda Alap Kabupaten Seluma kembali melaksanakan aksi sosial peduli korban bencana banjir di wilayah kabupaten Seluma, Kamis malam (30/06/2022). Sejalan dengan program Bupati Seluma yakni Seluma Alap....

Disparpora Apresiasi JMSI dan Pemuda Alap, Komitmen Ramaikan TWK

SELUMA - Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Seluma, mengapresiasi JMSI dan Pemuda Alap yang berKomitmen menjadikan Taman Wisata Kota (TWK) Simpang Enam Kelurahan Talang Saling Kecamatan Seluma sebagai pusat Usaha Mikro Kecil...

Dukung Seluma Alap, JMSI dan Pemuda Alap Komitmen Ramaikan Taman Wisata Kota

SELUMA - Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) Kabupaten Seluma berkomitmen untuk menjadikan Taman Wisata Kota (TWK) sebagai pusat Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di kabupaten Seluma. "Sebagai ketua pengelola UMKM TWK, kami berkomitmen untuk...

Related Articles

Ayo Vaksin Boster, Ini Tempatnya !!! Mari Lebaran Tanpa Corona

BENGKULU, - Jelang arus mudik Hari Raya Idul Fitri 1443 H tahun 2022, serbuan vaksinasi Polri kembali digelar. Kali ini Polri bekerjasama dengan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) dan Kementerian Agama RI menggelar vaksinasi...

Mutasi, Jabatan Wakapolda Bengkulu Resmi Berganti

BENGKULU – Wakapolda Bengkulu yang sebelumnya di jabat Brigjen Pol Drs. Hari Prasodjo, M.H., resmi berganti. Ini lantaran dirinya dalam rangka memasuki masa pensiun. Dalam surat telegram Kapolri nomor:ST/747/IV/KEP/2022, Brigjen Pol Drs. Umardani, M.Si yang...

Aliansi Mahasiswa Demonstrasi di kantor DPRD Provinsi Bengkulu 

BENGKULU, - Aksi demonstrasi secara serentak digelar seluruh elemen mahasiswa di berbagai daerah di Indonesia, tak terkecuali Provinsi Bengkulu. Mahasiswa dari berbagai kampus di Bengkulu mengepung kantor DPRD Provinsi Bengkulu, Senin 11 April 2022. Aksi...