Paripurna DPRD Provinsi Bengkulu: Pendapat Gubernur terhadap Raperda Penyelenggaraan Keolahragaan

BENGKULU – DPRD Provinsi Bengkulu menggelar Paripurna dengan agenda Mendengarkan Pendapat Gubernur Bengkulu terhadap Raperda Inisiatif DPRD Provinsi Bengkulu tentang Penyelenggaraan Keolahragaan, Senin, 14 Februari 2021.

Dalam pendapat yang dibacakan Asisten I Setdaprov Bengkulu Khairil Anwar, gubernur menyampaikan, berdasarkan UU 3/2005 tentang Sistem Keolahragaan Nasional dan PP 16/2007 tentang Penyelengggaraan Keolahragaan, keolahragaan merupakan salah satu urusan wajib yang menjadi tugas, wewenang, dan tanggung jawab pemerintahan daerah sebagaimana ditetapkan dalam UU 23/2014 tentang Pemerintahan Daerah.

“Penyelengaraan olahraga dan pelaksanaan keolahragaan tidak dapat lagi ditangani sekadarnya, akan tetapi harus dikelola secara profesional. Penggalangan sumber daya untuk pembinaan dan pengembangan keolahragaan dilakukan melalui pembentukan dan pengembangan kerja sama dengan pihak-pihak terkait secara harmonis, terbuka, timbal balik, sinergi, dan saling menguntungkan,” kata Gubernur.

Selain itu, penyelenggaraan keolahragaan harus dilakukan sesuai dengan prinsip transparansi dan akuntabilitas. Demi terwujudnya ketersediaan informasi keolahragaan yang dapat diakses semua pihak untuk memberikan peluang berperan serta dalam kegiatan keolahragaan.

Penyelenggaraan kebijakan keolahragaan juga berkaitan erat dan bahkan memerlukan dukungan dan sinergitas dengan sektor-sektor pembangunan lainnya, seperti pendidikan, budaya, pendidikan agama, kesehatan, pariwisata, sosial, tenaga kerja, perindustrian, dan perdagangan.

“Atas dasar tersebut, maka diperlukan perencanaan yang sistematis, terpadu, dan berkelanjutan yang dipayungi aturan hukum yang akan memberikan arah bagi pembangunan keolahragaan di Provinsi Bengkulu,” ujar Gubernur.

Payung hukum tersebut berupa Perda tentang Keolahragaan Provinsi Bengkulu yang harus mampu menjamin terciptanya koordinasi, integrasi, sinkronisasi, dan sinergitas antar institusi dalam pembinaan keolahragaan. Keterkaitan dan konsistensi antara perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, pengendalian, dan pengawasan. Optimalisasi peran berbagai pihak, baik pemerintah, masyarakat maupun dunia usaha dalam membangun keolahragaan.

Kemudian tercapainya penggunaan sumber daya secara efisien, efektif, berkeadilan, dan berkelanjutan. Serta terjaganya kesinambungan dan kesatuan arah antar rencana pembangunan keolahragaan di Provinsi Bengkulu.

“Peraturan daerah ini dibentuk dalam rangka memberikan arah, landasan, dan kepastian hukum bagi semua pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan keolahragaan di daerah secara terpadu dan berkelanjutan,” demikian Gubernur.

Seusainya, Ketua DPRD Provinsi Bengkulu mengatakan, pembahasan Raperda Inisiatif DPRD Provinsi Bengkulu tentang Penyelenggaraan Keolahragaan akan dilanjutkan pada paripurna selanjutnya, di mana fraksi-fraksi akan memberikan tanggapannya terhadap pendapat gubernur. (Bencool/Pi/Adv)

Terbaru

Dukung Program Pemerintah, Elisa Ermasari Bagikan Paket Sembako di Kampung KB

BENGKULU - Elisa Ermasari Putri Meriani Pengusaha Muda dan Sukses di Provinsi Bengkulu ini kembali melakukan aksi sosial. Kali ini Perempuan Mudah Berparas Cantik tersebut membagikan puluhan Paket Sembako di RT 5 RW 2...

Kunjungi PWI, Ini Pesan Kapolres Seluma

SELUMA - Kepala Kepolisian Resor Seluma AKBP Arif Eko Prasetyo, S. Ik, M.H melakukan kunjungan kerja ke Sekretariat Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Seluma. Kamis 26 Januari 2023. Disampaikan Kapolres Seluma kujungan tersebut untuk memperkuat...

Sertifikat Terbit, Kabupaten Seluma Segera Miliki Markas Brimob

SELUMA - Rencana pendirian Markas Brimob di lahan seluas 23,6 Hektar yang merupakan Ex Sekolah Polisi Negara (SPN) Polda Bengkulu yang terletak di Desa Talang Kebun Kecamatan Lubuk Sandi Kabupaten Seluma akan segera terealisasi. Hal...

Related Articles

Dukung Program Pemerintah, Elisa Ermasari Bagikan Paket Sembako di Kampung KB

BENGKULU - Elisa Ermasari Putri Meriani Pengusaha Muda dan Sukses di Provinsi Bengkulu ini kembali melakukan aksi sosial. Kali ini Perempuan Mudah Berparas Cantik tersebut membagikan puluhan Paket Sembako di RT 5 RW 2...

Elisa Mengaku Termotivasi Dengan Karir Erick Thohir

Bengkulu - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, tiba di Kota Bengkulu dalam rangka Kunjungan Kerja ke Provinsi Bengkulu. Selasa 24 Januari 2023. Kunjungan Menteri tersebut menarik perhatian bagi berbagai pihak, selain memang...

Peduli Korban Banjir, Elisa Ermasari Bagikan Sembako

Bengkulu - Peduli Terhadap Warga Kota Bengkulu yang terkena musibah banjir, Elisa Ermasari Meriani membagikan ratusan paket Sembako kepada warga yang terdampak banjir di beberapa titik yang tersebar di seputaran Kota Bengkulu. Selasa 24...