Paripurna DPRD Provinsi Bengkulu: Pendapat Gubernur terhadap Raperda Penyelenggaraan Keolahragaan

BENGKULU – DPRD Provinsi Bengkulu menggelar Paripurna dengan agenda Mendengarkan Pendapat Gubernur Bengkulu terhadap Raperda Inisiatif DPRD Provinsi Bengkulu tentang Penyelenggaraan Keolahragaan, Senin, 14 Februari 2021.

Dalam pendapat yang dibacakan Asisten I Setdaprov Bengkulu Khairil Anwar, gubernur menyampaikan, berdasarkan UU 3/2005 tentang Sistem Keolahragaan Nasional dan PP 16/2007 tentang Penyelengggaraan Keolahragaan, keolahragaan merupakan salah satu urusan wajib yang menjadi tugas, wewenang, dan tanggung jawab pemerintahan daerah sebagaimana ditetapkan dalam UU 23/2014 tentang Pemerintahan Daerah.

“Penyelengaraan olahraga dan pelaksanaan keolahragaan tidak dapat lagi ditangani sekadarnya, akan tetapi harus dikelola secara profesional. Penggalangan sumber daya untuk pembinaan dan pengembangan keolahragaan dilakukan melalui pembentukan dan pengembangan kerja sama dengan pihak-pihak terkait secara harmonis, terbuka, timbal balik, sinergi, dan saling menguntungkan,” kata Gubernur.

Selain itu, penyelenggaraan keolahragaan harus dilakukan sesuai dengan prinsip transparansi dan akuntabilitas. Demi terwujudnya ketersediaan informasi keolahragaan yang dapat diakses semua pihak untuk memberikan peluang berperan serta dalam kegiatan keolahragaan.

Penyelenggaraan kebijakan keolahragaan juga berkaitan erat dan bahkan memerlukan dukungan dan sinergitas dengan sektor-sektor pembangunan lainnya, seperti pendidikan, budaya, pendidikan agama, kesehatan, pariwisata, sosial, tenaga kerja, perindustrian, dan perdagangan.

“Atas dasar tersebut, maka diperlukan perencanaan yang sistematis, terpadu, dan berkelanjutan yang dipayungi aturan hukum yang akan memberikan arah bagi pembangunan keolahragaan di Provinsi Bengkulu,” ujar Gubernur.

Payung hukum tersebut berupa Perda tentang Keolahragaan Provinsi Bengkulu yang harus mampu menjamin terciptanya koordinasi, integrasi, sinkronisasi, dan sinergitas antar institusi dalam pembinaan keolahragaan. Keterkaitan dan konsistensi antara perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, pengendalian, dan pengawasan. Optimalisasi peran berbagai pihak, baik pemerintah, masyarakat maupun dunia usaha dalam membangun keolahragaan.

Kemudian tercapainya penggunaan sumber daya secara efisien, efektif, berkeadilan, dan berkelanjutan. Serta terjaganya kesinambungan dan kesatuan arah antar rencana pembangunan keolahragaan di Provinsi Bengkulu.

“Peraturan daerah ini dibentuk dalam rangka memberikan arah, landasan, dan kepastian hukum bagi semua pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan keolahragaan di daerah secara terpadu dan berkelanjutan,” demikian Gubernur.

Seusainya, Ketua DPRD Provinsi Bengkulu mengatakan, pembahasan Raperda Inisiatif DPRD Provinsi Bengkulu tentang Penyelenggaraan Keolahragaan akan dilanjutkan pada paripurna selanjutnya, di mana fraksi-fraksi akan memberikan tanggapannya terhadap pendapat gubernur. (Bencool/Pi/Adv)

Terbaru

Lagu Sera Joan Bergema di Kuta Bali

SELUMA - Belum lama di rilis Film Sera Joan (Serasan Seijoan), Original Soundtrack (OST) Film tersebut yang berjudul Sera Joan bergema di Kuta Bali. Jumat 1 Juli 2022. Lagu yang diciptakan orang nomor satu di...

Pemuda Alap Bantu Korban Banjir

SELUMA – Sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama, Organisasi Pemuda Alap Kabupaten Seluma kembali melaksanakan aksi sosial peduli korban bencana banjir di wilayah kabupaten Seluma, Kamis malam (30/06/2022). Sejalan dengan program Bupati Seluma yakni Seluma Alap....

Disparpora Apresiasi JMSI dan Pemuda Alap, Komitmen Ramaikan TWK

SELUMA - Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Seluma, mengapresiasi JMSI dan Pemuda Alap yang berKomitmen menjadikan Taman Wisata Kota (TWK) Simpang Enam Kelurahan Talang Saling Kecamatan Seluma sebagai pusat Usaha Mikro Kecil...

Related Articles

Ayo Vaksin Boster, Ini Tempatnya !!! Mari Lebaran Tanpa Corona

BENGKULU, - Jelang arus mudik Hari Raya Idul Fitri 1443 H tahun 2022, serbuan vaksinasi Polri kembali digelar. Kali ini Polri bekerjasama dengan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) dan Kementerian Agama RI menggelar vaksinasi...

Mutasi, Jabatan Wakapolda Bengkulu Resmi Berganti

BENGKULU – Wakapolda Bengkulu yang sebelumnya di jabat Brigjen Pol Drs. Hari Prasodjo, M.H., resmi berganti. Ini lantaran dirinya dalam rangka memasuki masa pensiun. Dalam surat telegram Kapolri nomor:ST/747/IV/KEP/2022, Brigjen Pol Drs. Umardani, M.Si yang...

Aliansi Mahasiswa Demonstrasi di kantor DPRD Provinsi Bengkulu 

BENGKULU, - Aksi demonstrasi secara serentak digelar seluruh elemen mahasiswa di berbagai daerah di Indonesia, tak terkecuali Provinsi Bengkulu. Mahasiswa dari berbagai kampus di Bengkulu mengepung kantor DPRD Provinsi Bengkulu, Senin 11 April 2022. Aksi...