Pemenang Puteri Kebudayaan Provinsi Bengkulu 2021, Khimaya Turrusda dari Seluma

BENGKULU – Sudrajat Prawijaya dan Khimaya Turrusda yang berasal dari Kabupaten Seluma dinobatkan sebagai Pemenang Putera dan Puteri Kebudayaan Provinsi Bengkulu 2021.

Putera Puteri Kebudayaan Bengkulu (PPKB) merupakan wadah bagi pemuda pemudi Bengkulu yang memiliki kepedulian dan keinginan untuk terlibat secara aktif dalam kegiatan edukasi dan pelestarian kebudayaan Bengkulu. Ratusan pemuda dan pemudi dari kabupaten/kota se-Provinsi Bengkulu sebelumnya telah berkompetisi menjadi yang terbaik sejak tahap seleksi dimulai.

Kemudian para finalis mengikuti rangkaian karantina sebelum tiba di Grand Final yang merupakan acara puncak PPKB 2021 pada 1 April 2021 di Adeeva Hotel & Convention. Pada masa karantina, finalis berkesempatan belajar banyak hal, tak hanya kebudayaan, juga ekonomi, public speaking, dan hal-hal lain dari pemateri-pemateri yang kompeten sesuai dengan bidangnya masing-masing.

Malam Grand Final PPKB 2021 sendiri turut dihadiri Putera Puteri Kebudayaan Indonesia 2020 Diky Nuryulia Arby dari Yogyakarya dan Naomy T Tiffany Kitu dari Nusa Tenggara Timur, yang tentu saja akan berdampak positif bagi kebudayaan Bengkulu. Mengingat keduanya juga turut mengangkat kebudayaan Bengkulu di sosial medianya masing-masing sehingga bisa menjadi perhatian nasional.

Selain itu, PPKB pun mendapat dukungan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Bengkulu yang mempersembahkan kategori khusus sebagai bentuk support OJK terhadap generasi muda yang tak hanya fokus dalam hal edukasi dan pelestarian Kebudayaan. Tapi juga berpengetahuan luas termasuk di sektor jasa keuangan. Oleh sebab itu, OJK memberikan dua predikat yakni Duta Inklusi Keuangan OJK yang diraih oleh Royen Cristoper dari Kabupaten Lebong dan Khimaya Turrusda dari Seluma.

Gubernur Bengkulu dalam hal ini diwakilkan oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Eri Yulian Hidayat mengatakan, PPKB merupakan bentuk nyata dukungan dari pemerintah terhadap upaya edukasi dan pelestarian kebudayaan Bengkulu oleh generasi muda.

“Bengkulu adalah provinsi yang kaya akan budaya, banyak cagar budaya nasional yang ada di sini. PPKB inilah yang akan menjadi ujung tombak kegiatan edukasi dan pelestarian kebudayaan Bengkulu di lapangan,” katanya.

Ia berharap PPKB ke depan harus aktif membangun kolaborasi dengan berbagai instansi seperti OPD yang dipimpinnya, Museum Negeri Bengkulu, Taman Budaya, dan lain sebagainya. Pun generasi muda yang tergabung dalam PPKB yang dituntut kreatif sehingga PPKB menjadi ikatan pemuda terbaik di Provinsi Bengkulu di bidang kebudayaan.

Ditambahkan Penasihat PPKB Khrisna Gamawan, PPKB harus selalu fokus pada kegiatan edukasi dan pelestarian kebudayaan Bengkulu. Sebab menurutnya hal inilah yang menjadi pembeda mendasar antara PPKB dengan komunitas atau duta lainnya di Provinsi Bengkulu.

Sementara itu, Founder PPKB Reko Serasi meminta 30 pemuda-pemudi yang tergabung dalam Ikatan Putera Puteri Kebudayaan Bengkulu ini dapat mengemban amanah atau tanggung jawab dengan komitmen yang tinggi untuk edukasi dan pelestarian Kebudayaan Bengkulu.

“Dan mampu memberikan dampak positif ke masyarakat dan generasi muda di bidang kebudayaan,” pintanya.

Pada kesempatan itu, Reko juga mengucapkan rasa terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung PPKB dan berharap kerja sama ini terus berlanjut dengan terus membangun komunikasi yang baik.

“Perjuangan pemenang Putera Puteri Kebudayaan Bengkulu 2021 (Sudrajat dan Khimaya) belum berakhir, karena mereka akan melanjutkan perjuangannya dan membawa harum nama Provinsi Bengkulu ke tingkat nasional di ajang Putera Puteri Kebudayaan Indonesia. Mari kita dukung terus generasi muda Bengkulu (Putera Puteri Kebudayaan Bengkulu) sebagai motor penggerak edukasi dan pelestarian Kebudayaan Bengkulu,” demikian Reko.

Berikut daftar pemenang Putera Puteri Kebudayaan Bengkulu 2021:

Juara 1: Sudrajat Prawijaya (Rejang Lebong) dan Khimaya Turrusda (Seluma)
Runner Up 1: Ahmad Kemal Prasadda (Kota Bengkulu) dan Grace Anggraini (Kota Bengkulu)
Runner Up 2: Edo Gio Pernando (Lebong) dan Shintya Pandan Wangi (Bengkulu Selatan)
Runner Up 3: Royen Cristoper (Lebong) dan Amanda Anisa (Bengkulu Tengah)
Runner Up 4: Denta Mustofa (Kota Bengkulu) dan Monica Badsty (Bengkulu Selatan)

Putera Puteri Intelegensi: Puja Pratama (Mukomuko) dan Nherdatila (Kaur)
Putera Puteri Best Advokasi: Muhammad Hanafi (Kota Bengkulu) dan Rahayu Oktaviani (Kota Bengkulu)
Putera Puteri Persahabatan: Akbil Revando (Kota Bengkulu) dan Eninda Rizky Irawan (Kota Bengkulu)
Putera Puteri Favorit: Sudrajat Prawijaya (Rejang Lebong) dan Ferly Yorenza (Lebong)

(Bencool/Aisa)

Terbaru

Disparpora Apresiasi JMSI dan Pemuda Alap, Komitmen Ramaikan TWK

SELUMA - Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Seluma, mengapresiasi JMSI dan Pemuda Alap yang berKomitmen menjadikan Taman Wisata Kota (TWK) Simpang Enam Kelurahan Talang Saling Kecamatan Seluma sebagai pusat Usaha Mikro Kecil...

Dukung Seluma Alap, JMSI dan Pemuda Alap Komitmen Ramaikan Taman Wisata Kota

SELUMA - Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) Kabupaten Seluma berkomitmen untuk menjadikan Taman Wisata Kota (TWK) sebagai pusat Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di kabupaten Seluma. "Sebagai ketua pengelola UMKM TWK, kami berkomitmen untuk...

Terima Kunjungan Wakil Ketua DPD RI, Bupati Sampaikan Lima Program Ungulan Seluma

SELUMA - Bupati Seluma Erwin Octavian menerima kunjungan Wakil Ketua DPD RI H. Sultan Bachtiar Najamudin, S.Sos, M.Si, Selasa 21 Juni 2022. Kunjungan Wakil Ketua DPD RI Daerah Pemilihan Bengkulu tersebut yakni untuk Menyerap Aspirasi...

Related Articles

Ayo Vaksin Boster, Ini Tempatnya !!! Mari Lebaran Tanpa Corona

BENGKULU, - Jelang arus mudik Hari Raya Idul Fitri 1443 H tahun 2022, serbuan vaksinasi Polri kembali digelar. Kali ini Polri bekerjasama dengan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) dan Kementerian Agama RI menggelar vaksinasi...

Mutasi, Jabatan Wakapolda Bengkulu Resmi Berganti

BENGKULU – Wakapolda Bengkulu yang sebelumnya di jabat Brigjen Pol Drs. Hari Prasodjo, M.H., resmi berganti. Ini lantaran dirinya dalam rangka memasuki masa pensiun. Dalam surat telegram Kapolri nomor:ST/747/IV/KEP/2022, Brigjen Pol Drs. Umardani, M.Si yang...

Aliansi Mahasiswa Demonstrasi di kantor DPRD Provinsi Bengkulu 

BENGKULU, - Aksi demonstrasi secara serentak digelar seluruh elemen mahasiswa di berbagai daerah di Indonesia, tak terkecuali Provinsi Bengkulu. Mahasiswa dari berbagai kampus di Bengkulu mengepung kantor DPRD Provinsi Bengkulu, Senin 11 April 2022. Aksi...