Pemkot Bengkulu Kembali Berinovasi Lewat Program HD Bersalin

BENGKULU – Memang tak ada tandingannya, Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu selalu menghadirkan bebagai kebahagiaan di tengah masyarakat dengan macam-macam inovasi menarik bahkan bisa dibilang ini satu-satunya di Indonesia.

Program ini ialah HD Bersalin, jadi disini Pemkot akan semaksimal mungkin melayani masyarakat kota dengan memberikan sentuhan berbeda yakni mengratiskan setiap persalinan warganya yang hendak melahirkan, terkhususnya warga tak mampu.

Awal mula munculnya pemikiran program HD Bersalin

Program inovasi di Kota Bengkulu, kerap muncul dari diskusi-diskusi ringan. Siang itu, (Wali-Wawali) dan Ketua Baznas Habib Alkaf ber-muzakarah (bertukar pikiran) di masjid Akbar At Taqwa soal banyaknya whatsapp (WA) yang minta bantu biaya melahirkan.

HP Walikota dan Wawali pun sampai error karena banyaknya warga Kota Bengkulu tahu no WA Walikota-Wakil Walikota. Isinya pun macam-macam, dari A sampai Z. Dari yang curhat, beri masukan dan usulan, hingga kritikan, semua di ladeni.

Mulai dari yang minta bantu biaya berobat, nunggak BPJS, ijazah ditahan, minta pekerjaan, minjam mobil penganten, pinjam ambulans, cari jodoh sampai minta bantu mau melahirkan.

“Ada juga yang melapor sudah pecah ketuban, sampai di rumah sakit BPJS mati. Ada yang bakal melahirkan 6 bulan lagi, minta lunaskan BPJS. Alhamdulillah, Allah selalu buka jalan penyelesaian,” ungkap Wawali Dedy.

Maka dari itu, untuk mengakomodir aspirasi yang mau melahirkan tapi tidak ada biaya dan dari warga tak mampu, maka diluncurkanlah program Harapan Doa Bersalin (HD BERSALIN).

“Warga Kota Bengkulu berhak mendapat pelayanan Bersalin Gratis. Setiap Bumil (ibu hamil) yang akan melahirkan dan tergolong kurang mampu, berhak atas program ini” terangnya.

Dengan penuh kebahagiaan, Dedy mengatakan bahwa semua persiapan sudah dilakukan.

“Kami telah menunjuk bidan-bidan terbaik untuk menyambut kelahiran buah hati. Tapi ini tidak berlaku bagi yang melahirkan di luar nikah, atau istri kedua yang tidak izin istri pertama,” pungkasnya.

Sebelumnya, Ketua Baznas Kota Bengkulu, Habib Abdurahman Al Kaff mengatakan, Program ini dicetuskan oleh Wali Kota Bengkulu Helmi Hasan dengan maksud membantu warga Kota Bengkulu yang akan melahirkan namun terkendala biaya.

“Dicetuskan oleh Walikota Helmi Hasan, Pemkot bekerjasama dengan Baznas membuat terobosan baru bernama HD Bersalin. HD Bersalin ini nantinya akan membantu warga kota yang mau melahirkan namun tidak mampu, BPJS menunggak nanti bisa dibantu oleh Pemkot dan Baznas lewat program ini,” kata Habib, Rabu (25/8/2021).

Melalui program ini, kata Habib, Biaya persalinan nantinya akan gratis dan ditanggung sepenuhnya oleh Baznas Kota Bengkulu.

“Nanti biaya persalinan akan gratis. Biaya persalinannya akan ditanggung dan ditagihkan kepada Baznas,” sambung Habib.

Untuk ikut dalam program ini, Warga Kota Bengkulu bisa mendaftar langsung kepada Bidan-bidan terbaik kecamatan yang sudah ditunjuk oleh Pemkot Bengkulu di bawah ini. (ADV)

Terbaru

Seluma Beragama, Erwin Bagikan Al-qur’an

SELUMA - Untuk mendukung program Seluma Beragama dan Berbudaya, Pemerintah Kabupaten Seluma membagikan 100 Al-Qur’an untuk 12 pondok pesantren dan penghafal Al-Qur’an di Kabupaten Seluma. Bupati Seluma Erwin Octavian mengatakan kegiatan pembagian Al-Quran untuk pondok...

Dalam Bulan ini, Bedah Rumah Korban Kebakaran di BP II Ditargetkan Rampung

SELUMA - Rumah Warga Desa Bukit Peninjauan (BP) II Kecamatan Sukaraja ditargetkan rampung dalam bulan ini juga (September 2022). Ibu Leha (65) dan Pak Asep (36) merupakan korban kebakaran yang menghabiskan kediaman tempat salah satunya...

Kumpulkan Camat, Erwin Minta Tanggap Bencana

SELUMA - Hujan yang menguyur Kabupaten Seluma selama kurang lebih 12 jam mengakibatkan beberapa Daerah di Kabupaten Seluma terdampak banjir dan tanah longsor. Untuk itu Bupati Seluma Erwin Octavian memerintahkan Camat Se-kabupaten Seluma dan Dinas...

Related Articles

Bingung Pilih Mobil, Simak Penjelasan Marketing Senior Agung Toyota Bengkulu

SELUMA - Toyota merupakan produsen industri otomotif terbesar yang ada di dunia saat ini. Hal ini karena Toyota Memiliki banyak keunggulan, sehingga produsen ternama ini selalu menonjol di pasaran, terutama untuk dunia otomotif. Hal...

Lowongan Pekerjaan Agung Toyota Seluma

Peluang Berkarir Bagi anda Yang Berjiwa Muda dan Menyukai Tantangan !! Perusahaan Otomotif Agung Toyota Bengkulu, Seluma Membuka Lowongan Pekerjaan "Sales Executive PRIA & WANITA" Dengan Syarat Sebagai Berikut : -Pria/Wanita minimal 21 Tahun & max Usia 28...

Ayo Vaksin Boster, Ini Tempatnya !!! Mari Lebaran Tanpa Corona

BENGKULU, - Jelang arus mudik Hari Raya Idul Fitri 1443 H tahun 2022, serbuan vaksinasi Polri kembali digelar. Kali ini Polri bekerjasama dengan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) dan Kementerian Agama RI menggelar vaksinasi...