Pemkot Bengkulu Kembali Berinovasi Lewat Program HD Bersalin

BENGKULU – Memang tak ada tandingannya, Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu selalu menghadirkan bebagai kebahagiaan di tengah masyarakat dengan macam-macam inovasi menarik bahkan bisa dibilang ini satu-satunya di Indonesia.

Program ini ialah HD Bersalin, jadi disini Pemkot akan semaksimal mungkin melayani masyarakat kota dengan memberikan sentuhan berbeda yakni mengratiskan setiap persalinan warganya yang hendak melahirkan, terkhususnya warga tak mampu.

Awal mula munculnya pemikiran program HD Bersalin

Program inovasi di Kota Bengkulu, kerap muncul dari diskusi-diskusi ringan. Siang itu, (Wali-Wawali) dan Ketua Baznas Habib Alkaf ber-muzakarah (bertukar pikiran) di masjid Akbar At Taqwa soal banyaknya whatsapp (WA) yang minta bantu biaya melahirkan.

HP Walikota dan Wawali pun sampai error karena banyaknya warga Kota Bengkulu tahu no WA Walikota-Wakil Walikota. Isinya pun macam-macam, dari A sampai Z. Dari yang curhat, beri masukan dan usulan, hingga kritikan, semua di ladeni.

Mulai dari yang minta bantu biaya berobat, nunggak BPJS, ijazah ditahan, minta pekerjaan, minjam mobil penganten, pinjam ambulans, cari jodoh sampai minta bantu mau melahirkan.

“Ada juga yang melapor sudah pecah ketuban, sampai di rumah sakit BPJS mati. Ada yang bakal melahirkan 6 bulan lagi, minta lunaskan BPJS. Alhamdulillah, Allah selalu buka jalan penyelesaian,” ungkap Wawali Dedy.

Maka dari itu, untuk mengakomodir aspirasi yang mau melahirkan tapi tidak ada biaya dan dari warga tak mampu, maka diluncurkanlah program Harapan Doa Bersalin (HD BERSALIN).

“Warga Kota Bengkulu berhak mendapat pelayanan Bersalin Gratis. Setiap Bumil (ibu hamil) yang akan melahirkan dan tergolong kurang mampu, berhak atas program ini” terangnya.

Dengan penuh kebahagiaan, Dedy mengatakan bahwa semua persiapan sudah dilakukan.

“Kami telah menunjuk bidan-bidan terbaik untuk menyambut kelahiran buah hati. Tapi ini tidak berlaku bagi yang melahirkan di luar nikah, atau istri kedua yang tidak izin istri pertama,” pungkasnya.

Sebelumnya, Ketua Baznas Kota Bengkulu, Habib Abdurahman Al Kaff mengatakan, Program ini dicetuskan oleh Wali Kota Bengkulu Helmi Hasan dengan maksud membantu warga Kota Bengkulu yang akan melahirkan namun terkendala biaya.

“Dicetuskan oleh Walikota Helmi Hasan, Pemkot bekerjasama dengan Baznas membuat terobosan baru bernama HD Bersalin. HD Bersalin ini nantinya akan membantu warga kota yang mau melahirkan namun tidak mampu, BPJS menunggak nanti bisa dibantu oleh Pemkot dan Baznas lewat program ini,” kata Habib, Rabu (25/8/2021).

Melalui program ini, kata Habib, Biaya persalinan nantinya akan gratis dan ditanggung sepenuhnya oleh Baznas Kota Bengkulu.

“Nanti biaya persalinan akan gratis. Biaya persalinannya akan ditanggung dan ditagihkan kepada Baznas,” sambung Habib.

Untuk ikut dalam program ini, Warga Kota Bengkulu bisa mendaftar langsung kepada Bidan-bidan terbaik kecamatan yang sudah ditunjuk oleh Pemkot Bengkulu di bawah ini. (ADV)

Terbaru

Bebutok Bekuah, Makanan Khas Seluma yang Kembali Digaungkan

SELUMA - Dalam rangka memeriahkan HUT Kabupaten Seluma ke-19, TP PKK Seluma menggelar Lomba Masak Bebutok Bekuah Alap dan Lomba Nampi Beras di halaman Gedung Daerah Serasan Seijoan, Kamis, 19 Mei 2022. Bebutok Bekuah merupakan...

Erwin Komitmen Majukan Pasar Sembayat

SELUMA - Bupati Seluma Erwin Octavian berkomitmen memajukan Pasar Sembayat di Kelurahan Sembayat Kecamatan Seluma Timur. Penegasan ini disampaikannya saat memimpin Apel Akbar Pemkab Seluma bersama Forkompimda Seluma di Pasar Sembayat, Rabu, 18 Mei...

Safari Ramadan Ketua DPRD Seluma, Serap Aspirasi dan Salurkan Bantuan

SELUMA - Ketua DPRD Seluma Nofi Eriyan Andesca kembali melaksanakan Safari Ramadan yang kali ini digelar di Masjid Talbiah Desa Talang Benuang Kecamatan Air Periukan, Selasa, 26 April 2022. Disampaikan Nofi bahwa inti dari kegiatan...

Related Articles

Ayo Vaksin Boster, Ini Tempatnya !!! Mari Lebaran Tanpa Corona

BENGKULU, - Jelang arus mudik Hari Raya Idul Fitri 1443 H tahun 2022, serbuan vaksinasi Polri kembali digelar. Kali ini Polri bekerjasama dengan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) dan Kementerian Agama RI menggelar vaksinasi...

Mutasi, Jabatan Wakapolda Bengkulu Resmi Berganti

BENGKULU – Wakapolda Bengkulu yang sebelumnya di jabat Brigjen Pol Drs. Hari Prasodjo, M.H., resmi berganti. Ini lantaran dirinya dalam rangka memasuki masa pensiun. Dalam surat telegram Kapolri nomor:ST/747/IV/KEP/2022, Brigjen Pol Drs. Umardani, M.Si yang...

Aliansi Mahasiswa Demonstrasi di kantor DPRD Provinsi Bengkulu 

BENGKULU, - Aksi demonstrasi secara serentak digelar seluruh elemen mahasiswa di berbagai daerah di Indonesia, tak terkecuali Provinsi Bengkulu. Mahasiswa dari berbagai kampus di Bengkulu mengepung kantor DPRD Provinsi Bengkulu, Senin 11 April 2022. Aksi...