Perubahan Perda Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Disetujui DPRD

BENGKULU – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Bengkulu menyetujui Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang perubahan atas Peraturan Daerah (Perda) tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah.

Hal ini disampaikan Juru Bicara Komisi 1 DPRD Provinsi Bengkulu, Badrun Hasani, pada Rapat Paripurna di Gedung DPRD Provinsi Bengkulu, Selasa (29/6/2021).

Dikatakannya, guna memberikan kepastian hukum pelaksanaan tugas dan fungsi perangkat daerah yang saat ini melaksanakan urusan pemerintahan.

Komisi 1 dalam pembahasan telah melakukan rapat bersama mitra pada tanggal 11 Januari 2021, yang dihadiri Sekretaris Daerah Provinsi Bengkulu yang diwakili Asisten 1, Asisten 3, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik, Kepala Organisasi Sekretariat Daerah, dan Kepala Biro Hukum Sekretariat Daerah Provinsi Bengkulu.

Selain itu, kata Badrun, pihaknya juga telah beberapa kali melaksanakan rapat internal Komisi 1.

Setelah melalui pertimbangan dan masukan, lanjut dia, baik dari hasil konsultasi dan hasil koordinasi bersama dinas/istansi terkait, maupun masukan dari anggota Komisi 1, serta berdasarkan amanat Peraturan Mendagri Nomor 11 Tahun 2019 Pasal 3 ayat (1).

Badan Kesatuan Bangsa dan Politik termasuk perangkat daerah yang dibentuk berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 2016.

“Komisi 1 DPRD Provinsi Bengkulu setuju terhadap perubahan Perda Nomor 8 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah,” kata Badrun, anggota DPRD Dapil Mukomuko ini.

Ia menuturkan, berdasarkan surat dari Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor: 188. 34/2648/OTDA tanggal 23 April 2021, Hal: Fasilitasi Rencana Peraturan Daerah Provinsi Bengkulu, telah dilakukan pengkajian secara yuridis formil dan materil.

Sehubungan dengan hal tersebut, sambung Badrun, Rancangan Peraturan Daerah Provinsi Bengkulu dimaksud agar dilanjutkan ke tahap berikutnya.

“Demikian laporan ini kami sampaikan, untuk menjadi bahan pertimbangan pada rapat paripurna dewan dalam mengambil keputusan lebih lanjut,” tutup politisi Partai Golkar ini. (ADV)

Terbaru

Warga Seluma Ditemukan Meninggal Dunia, Polisi Pastikan Tidak Ada Unsur Kekerasan

SELUMA - Warga Desa Tanjung Seluai Kecamatan Seluma Selatan Muhammad (52) ditemukan dalam keadaan tidak bernyawa di dalam rumahnya, Rabu, 26 Januari 2022. Jenazah Muhammad pertama kali ditemukan oleh Dullah yang tak lain adalah tetangganya...

Makmurkan Masjid, Erwin Kirim 12 Dai ke 4 Kecamatan

SELUMA - Bupati Seluma Erwin Octavian melepas 12 dai dari Dewan Dakwah Islamiah Provinsi Bengkulu menuju desa-desa di Kecamatan Seluma Utara, Ilir Talo, Semidang Alas, dan Semidang Alas Maras, Rabu, 26 Januari 2022. Hal ini...

Pilkades Serentak 9 Juni, Calon Kades Wajib Vaksin Dua

SELUMA - Pemkab Seluma menetapkan Pilkades Serentak di 37 desa se-Kabupaten Seluma diselenggarakan pada 9 Juni 2022 mendatang. Tak hanya itu, juga diputuskan bahwa calon kades wajib sudah vaksin dosis kedua, sementara pemilih minimal...

Related Articles

Terkait Pengelolaan Lingkungan Hidup, Komisi III Sambangi PT SBS dan CMBS

BENGKULU - Dua perusahaan yang beroperasi di wilayah bagian selatan Provinsi Bengkulu, yakni PT Sinar Bengkulu Selatan (SBS) dan PT Cipta Mas Bumi Selaras (CMBS) menjadi sasaran Komisi III DPRD Provinsi Bengkulu. Sebagai tindak lanjut...

Raperda Narkotika, DPRD Gelar Paripurna Jawaban Gubernur Terhadap Pandangan Umum Fraksi

BENGKULU - Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah memberikan jawaban terhadap Pemandangan Umum Fraksi-Fraksi DPRD Provinsi Bengkulu atas Raperda tentang Pencegahan dan Penyalahgunaan Serta Peredaran Gelap Narkotika, Psikotropika dan Prekusor Narkotika, di Ruang Rapat Paripurna DPRD...

Gelombang Tinggi Picu Abrasi

BENGKULU - Diungkapkan Kepala Seksi Program Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung Yumi lestari bahwa penyebab abrasi yang terjadi karena gelombang atau arus laut yang tinggi. Ombak di Bengkulu memang karakteristik dari...