Sapuan Ajak Media Sampaikan Berita Dengan Jujur

MUKOMUKO – Pemerintah Kabupaten Mukomuko melalui Dinas Komunikasi dan Informasi menggelar Coffee Morning bersama seluruh awak media di Kabupaten Mukomuko, Senin, 5 Juli 2021. Bupati Mukomuko Sapuan dalam sambutannya mengatakan, pemerintah dalam mewujudkan pembangunan daerah sangat membutuhkan dukungan seluruh pihak.

“Tentu kami selaku eksekutif tidak bisa bekerja sendiri. Perlu dukungan legislatif, yudikatif, pemerintah desa, dan seluruh masyarakat di Kabupaten Mukomuko. Juga menjadi penting untuk menyelaraskan program dengan pemerintah provinsi maupun pusat,” ujarnya.

Sapuan mengakui, sinergisitas dan kolaborasi media dan pemerintah daerah merupakan salah satu komponen penting dalam mewujudkan pembangunan dan mendorong ekonomi masyarakat di daerah.

“Media merupakan ujung tombak pemberitaan di tengah masyarakat, bagian dari edukasi masyarakat, serta sebagai corong untuk menyampaikan informasi kepada khalayak umum. Kami berharap rekan-rekan media betul-betul bersinergi dan berkolaborasi tentu dengan berita-berita yang objektif,” ujar Sapuan.

Objektifitas pemberitaan ini, menurut Sapuan, diciptakan melalui pola pemberitaan yang berimbang dan disampaikan secara jujur. Ia juga menyebut tidak semua berita baik menghasilkan dampak yang baik, juga sebaliknya.

Sementara itu, melalui forum diskusi tersebut, insan pers yang hadir juga diberikan kesempatan untuk menyampaikan pandangan terkait sinergisitas dan peran media di Mukomuko. Seperti yang disampaikan Ketua PWI Mukomuko Budi Hartono, yang menyambut baik langkah pemerintah daerah ini.

“Kami menyambut baik dan tentu siap membangun sinergisitas dengan pemerintah daerah untuk berkontribusi mewujudkan pembangunan di Kabupaten Mukomuko. Namun kiranya dalam membangun sinergi ini dapat terjalin hubungan yang saling mendukung antara pemerintah dan insan pers,” ungkap Budi.

Ketua JMSI Mukomuko Yance Askomandala dalam kesempatan itu juga meminta dukungan pemerintah daerah setempat dalam mendorong terwujudnya jurnalis-jurnalis yang handal dan berkompeten.

“Kami mengakui, masih banyak di antara kami yang belum memadai dalam hal penyajian berita. Semoga pemerintah daerah melalui Dinas Kominfo Kabupaten Mukomuko secara bersama-sama dapat mendorong terwujudnya insan-insan pers yang mumpuni di bidangnya. Misalkan memfasilitasi kegiatan pelatihan jurnalistik dan upgrading kompetensi melalui penyelenggaraan UKW,” pintanya.

Selain itu, Yance juga berharap Pemerintah Kabupaten Mukomuko dapat menyeimbangkan dukungan anggaran kepada perusahaan-perusahaan pers di daerah itu dengan tetap memperhatikan akuntanbilitas dan berkeadilan.

Kegiatan yang dilaksanakan di pelataran Dinas Kominfo ini juga dihadiri Ketua DPRD Mukomuko M Ali Saftaini, Wakil Bupati Wasri, Anggota Komisi III DPRD Mukomuko Mustadin, Kadis Kominfo Bustari Maler, Kakan Kesbangpol Iskameri, dan beberapa jajaran Sekretariat Daerah Kabupaten Mukomuko. (Bencool/YA)

Terbaru

Lagu Sera Joan Bergema di Kuta Bali

SELUMA - Belum lama di rilis Film Sera Joan (Serasan Seijoan), Original Soundtrack (OST) Film tersebut yang berjudul Sera Joan bergema di Kuta Bali. Jumat 1 Juli 2022. Lagu yang diciptakan orang nomor satu di...

Pemuda Alap Bantu Korban Banjir

SELUMA – Sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama, Organisasi Pemuda Alap Kabupaten Seluma kembali melaksanakan aksi sosial peduli korban bencana banjir di wilayah kabupaten Seluma, Kamis malam (30/06/2022). Sejalan dengan program Bupati Seluma yakni Seluma Alap....

Disparpora Apresiasi JMSI dan Pemuda Alap, Komitmen Ramaikan TWK

SELUMA - Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Seluma, mengapresiasi JMSI dan Pemuda Alap yang berKomitmen menjadikan Taman Wisata Kota (TWK) Simpang Enam Kelurahan Talang Saling Kecamatan Seluma sebagai pusat Usaha Mikro Kecil...

Related Articles

Polsek Mukomuko Selatan Beri Bantuan Para Korban Kebakaran

IPUH – Bentuk kepedulian Polri terhadap warga yang tengah mengalami musibah kebakaran, Satuan Polsek Mukomuko Selatan, Jumat 15 April 2022 memberikan bantuan sembako kepada para korban bencana kebakaran. Kebakaran terjadi di desa Sibak Kecamatan Ipuh Kabupaten...

Rohidin Apresiasi Kinerja Satgas PPKM Mukomuko

MUKOMUKO - Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah mengapresiasi kinerja Satgas PPKM Mikro COVID-19 desa atau kelurahan di Kabupaten Mukomuko. Hal ini lantaran Satgas COVID-19 secara optimal melibatkan peran tokoh adat dan tokoh agama, dalam memberikan edukasi...

Pemkab Mukomuko Ajak Masyarakat Sama-sama Tekan Laju Covid-19

MUKOMUKO - Dalam rangka mendukung program pemerintah menangani pencegahan penyebaran Covid-19, masyarakat diimbau untuk terus menerapkan protokol kesehatan (prokes). "Akhir-akhir ini Kabupaten Mukomuko mendapat perhatian khusus dari Provinsi Bengkulu karena tingginya lonjakan Covid-19 di daerah...