Sukseskan Vaksinasi Covid-19, Pemprov Bengkulu dan TNI/Polri Bersinergi

BENGKULU – Dalam rangka menyukseskan dan menuntaskan pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 di Provinsi Bengkulu, Pemprov Bengkulu, TNI/Polri, dan elemen pemerintahan lainnya bersinergi.

“Kita di sini berkoordinasi dengan Polda, Polres, dan Dinas Kesehatan se-Provinsi Bengkulu terkait penyaluran serta pelaksanaan vaksinasi agar segera tuntas,” kata Staf Ahli Gubernur Bidang Pemerintahan, Hukum, dan Politik Setdaprov Bengkulu Oslita usai mengikuti Rapat Anev Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 di Gedung Command Center Polda Bengkulu, Jumat, 9 April 2021.

Sinergi penting dilakukan, sebab diakui Oslita masih terdapat kendala di lapangan dalam pelaksanaan vaksinasi. Mulai dari pendataan, jumlah fasilitas kesehatan yang terbatas, refocusing anggaran, hingga belum satu persepsinya kabupaten/kota terkait sasaran utama untuk divaksin.

“Dinas Kesehatan se-kabupaten/kota perlu melakukan evaluasi secara internal, terkait kendala yang dihadapi. Sehingga pencapaian vaksinasi yang saat ini masih rendah dari target dapat ditingkatkan dengan menyelesaikan kendala-kendala yang ada,” ujarnya.

Lebih lanjut ia meminta pemerintah daerah setempat untuk meningkatkan edukasi terkait vaksin, seperti melakukan sosialisasi, pasalnya masih banyak masyarakat yang menerima informasi yang salah mengenai vaksinasi.

“Edukasi ke masyarakat perlu terus digaungkan agar menghalau informasi yang tidak benar (hoaks) terkait vaksin. Sebab menurut data di lapangan hoaks masih sangat tinggi sehingga masyarakat terutama lansia termakan kabar ini,” tandas Oslita.

Sementara itu, Karo Ops Polda Bengkulu Kombes Pol Dede Alamsyah berkomitmen semaksimal mungkin mengajak seluruh anggota dan bersinergi bersama TNI untuk membantu pemerintah menyukseskan Vaksinasi Covid-19.

“Polri dan TNI siap untuk menyukseskan pelaksanaan vaksinasi di masyarakat agar segera tuntas. Jika kita bersama-sama, tentu apapun kendala-kendala yang dihadapi pasti mendapatkan solusi,” tukasnya.

Untuk diketahui, hingga 9 April menurut data dari Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu, sebanyak 47.791 dosis vaksin masih tersedia.

Sedangkan capaian vaksinasi berdasarkan kelompok per 8 April yakni tenaga kesehatan dosis satu 83,7 persen dan dosis dua 76,8 persen. Kemudian pelayanan publik dosis satu 12,2 persen dan dosis dua 6 persen. Lalu lansia dosis satu 3,6 persen dan dosis dua 0,11 persen. (ADV)

Terbaru

Warga Seluma Ditemukan Meninggal Dunia, Polisi Pastikan Tidak Ada Unsur Kekerasan

SELUMA - Warga Desa Tanjung Seluai Kecamatan Seluma Selatan Muhammad (52) ditemukan dalam keadaan tidak bernyawa di dalam rumahnya, Rabu, 26 Januari 2022. Jenazah Muhammad pertama kali ditemukan oleh Dullah yang tak lain adalah tetangganya...

Makmurkan Masjid, Erwin Kirim 12 Dai ke 4 Kecamatan

SELUMA - Bupati Seluma Erwin Octavian melepas 12 dai dari Dewan Dakwah Islamiah Provinsi Bengkulu menuju desa-desa di Kecamatan Seluma Utara, Ilir Talo, Semidang Alas, dan Semidang Alas Maras, Rabu, 26 Januari 2022. Hal ini...

Pilkades Serentak 9 Juni, Calon Kades Wajib Vaksin Dua

SELUMA - Pemkab Seluma menetapkan Pilkades Serentak di 37 desa se-Kabupaten Seluma diselenggarakan pada 9 Juni 2022 mendatang. Tak hanya itu, juga diputuskan bahwa calon kades wajib sudah vaksin dosis kedua, sementara pemilih minimal...

Related Articles

Terkait Pengelolaan Lingkungan Hidup, Komisi III Sambangi PT SBS dan CMBS

BENGKULU - Dua perusahaan yang beroperasi di wilayah bagian selatan Provinsi Bengkulu, yakni PT Sinar Bengkulu Selatan (SBS) dan PT Cipta Mas Bumi Selaras (CMBS) menjadi sasaran Komisi III DPRD Provinsi Bengkulu. Sebagai tindak lanjut...

Raperda Narkotika, DPRD Gelar Paripurna Jawaban Gubernur Terhadap Pandangan Umum Fraksi

BENGKULU - Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah memberikan jawaban terhadap Pemandangan Umum Fraksi-Fraksi DPRD Provinsi Bengkulu atas Raperda tentang Pencegahan dan Penyalahgunaan Serta Peredaran Gelap Narkotika, Psikotropika dan Prekusor Narkotika, di Ruang Rapat Paripurna DPRD...

Gelombang Tinggi Picu Abrasi

BENGKULU - Diungkapkan Kepala Seksi Program Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung Yumi lestari bahwa penyebab abrasi yang terjadi karena gelombang atau arus laut yang tinggi. Ombak di Bengkulu memang karakteristik dari...