Tak Beri Izin Retail Modern, Sapuan Ingin UMKM Adopsi Sistem Manajemen Pemasarannya

MUKOMUKO – Pelatihan kewirausahaan yang dilaksanakan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Mukomuko bekerja sama dengan salah satu perusahaan retail modern ternama pada Kamis, 1 April 2021, menimbulkan kekhawatiran masyarakat setempat.

Masyarakat khawatir retail modern tersebut akan hadir di Mukomuko. Sebab keberadaannya nanti dikhawatirkan mengancam warung-warung kecil, pelaku UMKM bahkan berdampak buruk terhadap ekonomi masyarakat.

Menyikapi hal tersebut, Bupati Mukomuko Sapuan memastikan tidak akan memberikan izin pendirian kepada retail modern.

“Kalau ada yang ingin memberikan keilmuan tentang UMKM, tentu sangat kita sambut dengan baik. Tapi soal izin, entar dulu,” tegas Sapuan.

Karenanya ia meminta untuk tidak mencampuradukkan antara pelatihan kewirausahaan dan perizinan.

“Itukan pelatihan wirausaha. Kalau ada orang yang menawarkan untuk memberikan pelatihan dan pengetahuan dengan kita, kenapa tidak? Ingat, ada pelatihan wirausaha dan ada izin. Jangan dicampuradukkan,” kata Sapuan.

Orang nomor satu di Bumi Kampuang Sakti Rantau Batuah ini justru menginginkan pelaku UMKM di Mukomuko mengadopsi sistem manajemen pemasaran yang digunakan retail-retail modern.

“Seperti di Sumatera Barat, banyak juga retail modern, tapi berbasis lokal. Yang mengelola ya UMKM lokal,” terangnya.

Dampak kehadiran retail modern yang berbasis korporasi, menurut Sapuan, dipastikan warung-warung kecil akan gulung tikar.

“Sekali dikasih izin, ya selamat tinggallah masyarakat kita. Kita melawan raksasa, melawan giant, tidak akan mampu,” tegas Sapuan.

Oleh sebab itu dirinya memastikan, dalam jangka waktu 5 sampai 10 tahun ke depan, retail modern dengan model korporasi tersebut tidak akan dihadirkan di Kabupaten Mukomuko.

Sementara itu, Ketua DPRD Mukomuko M Ali Saftaini berpendapat, pihaknya sangat membuka diri kepada investor untuk berinvestasi. Namun ia berharap, pemerintah daerah selalu mengedepankan dan memastikan masyarakat tidak dirugikan.

“Mohon pemerintah daerah mengkaji semaksimal mungkin. Jangan sampai menimbulkan pro kontra dari masyarakat. Kita terbuka dengan investasi, kepentingan masyarakat harus kita utamakan,” papar Ali dalam video yang diunggah di akun pribadinya itu. (JMSI)

Terbaru

Bebutok Bekuah, Makanan Khas Seluma yang Kembali Digaungkan

SELUMA - Dalam rangka memeriahkan HUT Kabupaten Seluma ke-19, TP PKK Seluma menggelar Lomba Masak Bebutok Bekuah Alap dan Lomba Nampi Beras di halaman Gedung Daerah Serasan Seijoan, Kamis, 19 Mei 2022. Bebutok Bekuah merupakan...

Erwin Komitmen Majukan Pasar Sembayat

SELUMA - Bupati Seluma Erwin Octavian berkomitmen memajukan Pasar Sembayat di Kelurahan Sembayat Kecamatan Seluma Timur. Penegasan ini disampaikannya saat memimpin Apel Akbar Pemkab Seluma bersama Forkompimda Seluma di Pasar Sembayat, Rabu, 18 Mei...

Safari Ramadan Ketua DPRD Seluma, Serap Aspirasi dan Salurkan Bantuan

SELUMA - Ketua DPRD Seluma Nofi Eriyan Andesca kembali melaksanakan Safari Ramadan yang kali ini digelar di Masjid Talbiah Desa Talang Benuang Kecamatan Air Periukan, Selasa, 26 April 2022. Disampaikan Nofi bahwa inti dari kegiatan...

Related Articles

Polsek Mukomuko Selatan Beri Bantuan Para Korban Kebakaran

IPUH – Bentuk kepedulian Polri terhadap warga yang tengah mengalami musibah kebakaran, Satuan Polsek Mukomuko Selatan, Jumat 15 April 2022 memberikan bantuan sembako kepada para korban bencana kebakaran. Kebakaran terjadi di desa Sibak Kecamatan Ipuh Kabupaten...

Rohidin Apresiasi Kinerja Satgas PPKM Mukomuko

MUKOMUKO - Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah mengapresiasi kinerja Satgas PPKM Mikro COVID-19 desa atau kelurahan di Kabupaten Mukomuko. Hal ini lantaran Satgas COVID-19 secara optimal melibatkan peran tokoh adat dan tokoh agama, dalam memberikan edukasi...

Pemkab Mukomuko Ajak Masyarakat Sama-sama Tekan Laju Covid-19

MUKOMUKO - Dalam rangka mendukung program pemerintah menangani pencegahan penyebaran Covid-19, masyarakat diimbau untuk terus menerapkan protokol kesehatan (prokes). "Akhir-akhir ini Kabupaten Mukomuko mendapat perhatian khusus dari Provinsi Bengkulu karena tingginya lonjakan Covid-19 di daerah...